Advertorial

4 Pemenang Global Kontes Photo Jurnalis Dunia Tahun 2022 Diumumkan

Kontes Diikuti oleh 4.066 fotografer dari 130 negara

Jakarta, JaringPos | Kontes Foto Jurnalis Dunia tahunan telah mengukuhkan dan merayakan foto jurnalistik dan fotografi dokumenter terbaik yang dihasilkan selama setahun terakhir. Untuk menawarkan keseimbangan perspektif geografis yang lebih global dan lebih baik, World Press Photo menerapkan strategi regional baru untuk tahun 2022 ini dengan merubah peraturan kontes tahunan dan sistim penjurian.

Foto Jurnalis Dunia Terbaik Tahun 2022
Kamloops Residential School oleh Amber Bracken, Kanada, untuk The New York Times

Pemenang kontes 2022

Dipilih oleh juri independen dari 64.823 entri oleh 4.066 fotografer dari 130 negara, pemenang regional Kontes Foto Pers Dunia 2022 adalah 24 fotografer dari 23 negara: Argentina, Australia, Kanada, Kolombia, Bangladesh, Brasil, Ekuador, Mesir, Prancis, Jerman , Yunani, India, Indonesia, Jepang, Madagaskar, Meksiko, Belanda, Nigeria, Norwegia, Palestina, Rusia, Sudan, dan Thailand.

Memberikan berbagai perspektif dari seluruh penjuru dunia, karya-karya yang mendapat penghargaan menyajikan kisah keberanian, wawasan yang tak ternilai, dan keragaman interpretasi dari dampak krisis iklim yang tak terbantahkan hingga gerakan hak-hak sipil, dan dari akses ke pendidikan hingga pelestarian kearifan lokal dan identitas.

Foto Jurnalis Dunia Terbaik Tahun 2022
Menyelamatkan Hutan dengan Api oleh Matthew Abbott, Australia, untuk National Geographic/Panos Pictures

Dari 24 pemenang regional di masing-masing dari empat kategori model kontes baru di World Press Photo, juri Kontes tahun 2022 memilih empat pemenang global ini:

Foto Pers Dunia Tahun Ini: Kamloops Residential School oleh Amber Bracken, Kanada, untuk The New York Times
Cerita Foto Pers Dunia Tahun Ini: Menyelamatkan Hutan dengan Api oleh Matthew Abbott, Australia, untuk National Geographic/Panos Pictures
Penghargaan Proyek Jangka Panjang Foto Pers Dunia: Amazonian Dystopia oleh Lalo de Almeida, Brasil, untuk Folha de São Paulo/Panos Pictures
Penghargaan Format Terbuka Foto Pers Dunia: Darah adalah Benih oleh Isadora Romero, Ekuador


Foto Jurnalis Dunia Terbaik Tahun 2022
Amazonian Dystopia oleh Lalo de Almeida, Brasil, untuk Folha de São Paulo/Panos Pictures

 

Rena Effendi, ketua juri global Kontes Tahun 2022, mengatakan tentang para pemenang: “Cerita dan foto para pemenang global saling berkaitan. Keempatnya, dengan caranya sendiri yang unik, mengatasi konsekuensi dari kemajuan umat manusia yang terburu-buru, dan efeknya yang menghancurkan di planet kita. Proyek-proyek ini tidak hanya mencerminkan urgensi langsung dari krisis iklim, tetapi juga memberi kita wawasan tentang solusi yang mungkin,” ujar Rena.

Darah adalah Benih
Darah adalah Benih oleh Isadora Romero, Ekuador

“Bersama-sama para pemenang global memberi penghargaan ke masa lalu, sambil mendiami masa kini dan menatap masa depan,” tambahnya.

Penjurian

Penjurian World Press Photo Contest 2022 berlangsung dari 17 Januari hingga 2 Maret 2022 dan melibatkan juri regional dan juri global. Juri regional pertama-tama membuat seleksi entri per kategori di wilayah mereka, setelah itu juri global memutuskan pemenang regional, dan dari mereka, pemenang global.

“Model kontes baru mendorong kami keluar dari zona nyaman kami untuk berpikir di luar kotak. Setiap anggota juri membawa keahlian mereka pada isu-isu yang relevan di wilayah masing-masing, dan kami membangun pengetahuan ini sebagai sebuah tim. Pemilihan pemenang yang dihasilkan mencerminkan keadaan dunia dari sudut pandang yang lebih dalam dan lebih bernuansa,” kata ketua juri global Kontes 2022 Rena Effendi.(*ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker