Teknologi

YouTube Kembangkan Peluang Penghasilan Baru Untuk Kreator Shorts

Monetisasi di Shorts dan cara baru untuk berkembang di YPP mulai 2023

JaringPos, Hari ini kami membagikan beberapa pengumuman menarik di Blog YouTube, yang menyoroti perubahan besar yang akan hadir di Program Partner YouTube selama setahun ke depan, untuk Anda yang baru mulai monetisasi atau bahkan yang sudah mencapai upload ke-1000. Perubahan ini dirancang untuk memberikan penghargaan kepada semua jenis kreator dan membantu lebih banyak kreator untuk mulai mendapatkan penghasilan di YouTube. Hal ini tercantum dalam Pengumuman Blog Untuk Komunitas Youtube sejak Selasa (20/9/2022).

Pembagian Hasil Iklan Dengan Shorts

Kami memperkenalkan Pendanaan YouTube Shorts tahun lalu untuk memberikan reward kepada kreator atas video Shorts mereka yang kreatif dan unik selagi kami menyusun rencana monetisasi jangka panjang. Pendanaan YouTube Shorts memang kami buat sebagai program jangka pendek karena kami percaya pentingnya menciptakan kemitraan agar kreator dapat langsung berbagi pendapatan yang dihasilkan oleh platform ini.

Mulai awal 2023, semua kreator Program Partner YouTube saat ini dan yang akan datang yang menandatangani persyaratan program baru dan membuat video Shorts akan memenuhi syarat untuk pembagian hasil atas iklan yang ditonton antara pemutaran video di Feed Shorts.


Monetisasi di Shorts
Monetisasi di Shorts dan cara baru untuk berkembang di YPP mulai 2023

Cara kerjanya:

“Dengan Shorts, iklan akan berjalan di antara video di Feed Shorts. Jadi, setiap bulan, pendapatan dari iklan tersebut akan ditambahkan dan digunakan untuk memberikan reward kepada kreator Shorts serta membantu menutupi biaya lisensi musik. Dari jumlah yang dialokasikan kepada kreator, Anda akan memperoleh 45% pendapatan berdasarkan jumlah penayangan yang diperoleh video Shorts Anda di setiap negara,”

Adapun skema pembagian hasil ini akan tetap sama, terlepas dari apakah Anda menggunakan musik atau tidak. Dengan mendistribusikan pendapatan kepada semua kreator Program Partner YouTube yang membuat video Shorts, kami dapat memberikan reward kepada setiap kreator yang memenuhi syarat, bukan hanya kepada mereka yang memiliki iklan di samping video Shorts mereka

“Namun dengan catatan, Model pembagian hasil untuk video berdurasi panjang tidak berubah,” tulis dalam keterangan itu.

Memperkenalkan Kreator Musik

Youtube juga memperkenalkan Kreator Musik, yakni cara baru bagi kreator yang tergabung dalam Program Partner YouTube agar dapat mudah mengakses katalog musik yang akan terus berkembang untuk digunakan dengan lisensi dalam video Anda. Saat ini Kreator Musik masih dalam versi beta di Amerika Serikat, dan rencananya akan diluncurkan untuk semua kreator Program Partner YouTube di Amerika Serikat dalam tahun ini, lalu diperluas ke lebih banyak negara pada 2023.

“Dengan Kreator Musik, Anda dapat menemukan lagu, menampilkannya di video Anda, dan tetap menghasilkan uang dari iklan. Beli lisensi untuk menggunakan musik dan dapatkan pembagian hasil yang sama yang berlaku untuk konten Anda yang dibuat tanpa musik, atau bagikan pendapatan dari video dengan artis lagu dan pemegang hak terkait. Kami juga akan membagikan detail selengkapnya tentang cara kerja Kreator Musik sebelum peluncurannya dalam tahun ini. Hal baru lainnya akan segera hadir!,” mengutip pengumuman dari Youtube.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker