Nasional

Septriana Tangkari: Pasar Digital Lokal Raih Peluang Global


Labuan Bajo,Jaringpos.com. Kementerian Komunikasi dan Informatika terus berupaya membangun komponen-komponen vital dalam pengembangan e-commerce, seperti pembangunan infrastruktur Palapa Ring yang sudah selesai dibangun 100% dari Sabang sampai Merauke.

Pernyataan itu disampaikan Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kemkominfo, Septriana Tangkari, dalam acara  kegiatan Digitall: Pasar Digital Lokal Raih Peluang Global, Rabu (19/2/2020) di Politeknik El-Bajo Labuan Bajo Manggarai Barat.


Dalam sambutannya Rini meyakini, kehadiran teknologi saat ini sangat berkontribusi besar terhadap perubahan aktivitas ekonomi, bahkan pengaruhnya terhadap ekonomi secara makro sangat signifikan. “Ekonomi berbasis digital (e-commerce) mempunyai potensi ekonomi yang tinggi dan merupakan salah satu tulang punggung perekonomian nasional,” imbuhnya.

Dengan populasi sebesar 264,16 juta jiwa, Indonesia memiliki lebih dari 64,8% atau 171,17 juta pengguna internet. Fakta ini menunjukkan Indonesia telah menjadi sebuah negara yang memiliki fondasi kuat untuk pertumbuhan ekonomi digital yang berkelanjutan.

Presiden Joko Widodo sendiri telah menargetkan Indonesia sebagai pasar digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020. “Di tahun ini, transaksi e-commerce di Indonesia ditargetkan mencapai US$130 miliar. Inilah yang kita kenal dengan visi ekonomi 2020 yaitu Indonesia sebagai “The Digital Energy of Asia”, jelas Rini.

Baca Juga:

Selain membangun infrastruktur dan mengembangkan ekosistem digital, Kementerian Kominfo juga melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dan pelaku usaha tentang pemanfaatan e-commerce, salah satunya seperti acara pagi ini,” katanya.

Kabupaten Manggarai Barat, katanya, juga memiliki banyak potensi, jumlah Koperasi dan UKM Kab Manggarai Barat sebanyak 4.185 unit. Dengan luas wilayah Kabupaten Manggarai Barat seluas 2.947,5 KM2, dengan jumlah penduduk sebesar 256.491 jiwa.

IMG 20200111 220137-JaringPos

Adapun Jenis-jenis UMKM yang ada di Manggarai Barat diantaranya: kain tenun dan produk pertanian seperti: kopi, jambu mete dan pala.

“Berjualan online mempunyai banyak sekali keuntungan, di antaranya adalah: kita bisa meraih pangsa pasar yang luas, bahkan hingga internasional, menghemat biaya, tidak perlu memiliki toko serta bisa memperluas potensi pendapatan kita,”lanjutnya

Setelah kita sudah mulai berjualan online, maka langkah berikutnya adalah menjaga agar produk kita semakin laku di pasaran, dengan cara: selalu menjaga kualitas produk; menampilkan foto, deskripsi dan narasi produk yang menarik; selalu memberikan respon yang cepat terhadap pelanggan dan memberikan promosi secara berkala.

IMG 20200116 003242-JaringPos

Kominfo mengharapkan, dengan adanya acara ini akan ada peningkatan pembeli dan penjual yang menggunakan platform online, percaya diri menembus pasar global, perluasan pasar ke mancanegara, sehingga transaksi e-commerce juga meningkat dan memberikan kontribusi yang besar dalam memajukan perekonomian nasional.

“Semoga di masa depan kita semua dapat mewujudkan Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia,” imbuhnya dengan penuh keyakinan.

Turut hadir pada kegiatan ini Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus CH Dula, Kepala Dinas Kominfo Mabar Ir. Dominikus Damsut, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kab Manggarai Barat, Bapak Fransiskus Xaverius Syukur, Direktur Politeknik El Bajo Commodus, Teddy Halaman, Praktisi Media Sosial, para pelaku UMKM dan mahasiswa/i dari Politeknik El Bajo Manggarai Barat (07/yb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker