Jurnalistik

PancarPOS.com Dinyatakan Terverifikasi Administrasi dan Faktual Dewan Pers

DENPASAR, JaringPos | Media siber PancarPOS.com secara resmi dinyatakan telah memenuhi syarat dan lolos verifikasi administrasi dan faktual Dewan Pers pada Anggara Umanis, Wuku Wariga, Selasa (10/5/2022). Keputusan Dewan Pers itu tertuang melalui Sertifikat No.994/DP-Verifikasi/K/V/2022 yang ditandatangani oleh Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh pada tanggal 10 Mei 2022. “Astungkara mesari PancarPos,” ucap Ketua Dewan Redaksi PancarPOS.com, I Gusti Ngurah Agung Diatmika, SH. Seperti diketahui,, Dewan Pers telah melakukan verifikasi faktual perusahaan media siber atau online PancarPOS.com pada Rabu, 23 Maret 2022 sekira pukul 18.18 WITA.

PancarPOS.com yang terdaftar di Dewan Pers sebagai salah satu media yang telah lolos proses verifikasi administratif pada 17 Maret 2021 dan diverifikasi faktual oleh Dewan Pers untuk memeriksa semua persyaratan administratif yang sudah diajukan. Dimana ketika verifikasi faktual dilakukan dapat menunjukkan lokasi, berkas legalitas dan administrasi maupun fakta-faktanya yang telah memenuhi semua persyaratan yang dipersyaratkan Undang-Undang Pers maupun Peraturan Dewan Pers.

Verifikasi dilakukan langsung Anggota Dewan Pers Ahmad Djauhar sebagai Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Ratifikasi Pers didampingi Analis Kebijakan Ahli Muda, Sri Lestari di Kantor Pusat PancarPOS.com yang beralamat di Perum Griya Nambi Permai Blok III No.9, Desa Ubung Kaja, Denpasar Utara, Denpasar. Saat melakukan verifikasi, pihak Dewan Pers memastikan agar struktur dan pembagian kerja di setiap media sangat diperlukan. Untuk itu, dalam pemberitaan di setiap media harus sesuai dengan kode etik jurnalisnitik, karena seluruh wartawan wajib memahami kode etik jurnalistik.


“Kalau saya lihat disini (Redaksi PancarPOScom, red) struktur dan pembagian tugasnya sudah jelas,” ucap Djauhar sapaan akrabnya, seraya menambahkan, demi untuk memajukan media dan pengembangan bisnis, serta diterima masyarakat luas perusahaan media harus sering memberikan pelatihan, dengan mendatangkan para ahli yang membidangi jurnalistik. Sehingga lahir produk media yang berkualitas, mampu bersaing disektor bisnis. “Media itu harus bisa monetisasi dan media juga harus mempunyai segmen tersendiri untuk bisa menggaet bisnis,” jelasnya.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi PancarPOS.com, IB Alit Sumertha mengakui pihaknya sudah menerapkan kode etik jurnalistik di setiap pemberitaan, serta selalu independen tanpa memihak siapa pun. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas wartawan, juga terus memberikan pelatihan jurnalistik. “Untuk meningkatkan kualitas pemberitaan, kami berikan pelatihan jurnalistik, agar wartawan kami bisa memahami dengan baik kode etik jurnalistik,” paparnya didampingi Pimpinan Umum PancarPOS.com, I Wayan Surnantaka yang menerima Dewan Pers bersama anggota Redaksi PancarPOS.com.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker