BeritaNasionalTeknologi

Kisah Tanah Digital Terjual Senilai Rp 42 Miliar di Dunia Maya

Jakarta, JaringPos | Tak hanya di dunia nyata, kita bisa memiliki aset berupa tanah di ranah digital. Baru-baru ini, sebuah perusahaan investasi asal Kanada bernama Token.com membeli tanah digital.

“Perusahaan tersebut mengumumkan baru saja membeli sebidang tanah berukuran 116 petak tanah di pusat kawasan mode (Fashion Street) di Decentraland, dunia virtual berbasis jaringan Ethereum,” sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Cnet dan dikutip Jaringpos.com, Senin (29/11/2021).

Token.com mengumumkan, tanah digital itu dibeli seharga 618.000 MANA (mata uang digital di Decentraland) atau setara dengan Rp 42,6 miliar, melalui anak perusahannya yang bernama Metaverse Group.

“Dalam keterangan tertulisnya, setiap bidang tanah digital yang dibeli setara dengan 52,5 kaki persegi (4,8 meter persegi),” tulisnya.

Apabila ditotal, tanah digital yang dibeli Metaverse Group luasnya mencapai 565,7 meter persegi.

Pembelian tanah digital itu disebut sebagai akuisisi terbesar tanah digital di Centraland yang pernah tercatat hingga saat ini.


Tanah digital dipakai untuk gelar fashion show

Menurut keterangan resmi Decentraland, tanah digital yang dibeli bakal dimanfaatkan untuk menggelar peragaan busana (fashion show) dan perdagangan dalam industri mode secara digital.

Metaverse Group juga berencana untuk menjalin kerja sama dengan beberapa merek fesyen yang ingin menjangkau audiens baru dan memperluas cakupan layanan perdagangan elektronik mereka di dunia virtual (metaverse).

Hingga saat ini, ada beberapa brand yang sudah masuk ke dunia metaverse, seperti brand mewah Louis Vuitton dan Burberry.

Keduanya diketahui membuat game berbasis NFT untuk mempromosikan mereknya.

“Fashion menjadi area selanjutnya yang akan mengalami pertumbuhan besar di metaverse,” kata Sam Hamilton, Head of Content di Decentraland Foundation.

Sehingga menurutnya, sudah waktunya Metaverse Group membuat komitmen yang sangat menentukan dengan pembelian tanah di pusat kawasan mode Decentraland itu.

Real estat metaverse

Menurut CEO Token.com Andrew Kiguel, tanah digital berukuran 116 petak di Decentraland itu akan melengkapi portofolio real estat metaverse yang sudah dimiliki perusahaan sebelumnya.

“Kami senang anak perusahaan kami (Meteverse Group) berhasil menyelesaikan transaksi real estat digital yang penting ini,” kata Andrew Kiguel.

Melalui Metaverse Group, Tokens.com disebut akan lebih mengembangkan Fashion Street dan membawa peluang baru bagi merek fashion untuk menampilkan merchandise digital baru. (*slm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker