Berita

Intip Keindahan Panorama Alam Pingabali

Elar Selatan khususnya dan Manggarai Timur pada umumnya boleh berbangga, karena memiliki tempat wisata yang tidak kalah indah dengan wisata alam di wilayah daerah lain. Tempat yang satu  ini dikenal dengan nama ‘Pingabali” milik Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pesona alam Pingabali memang kurang terekspos jika dibandingkan dengan destinasi di daerah lainnya, namun siapa sangka jika Kabupaten yang berada di perbatasan Ngada dan Manggarai Timur  ini memiliki destinasi cantik bernama Pingabali.

Pingabali memiliki pemandangan yang menajubkan dengan perbukitan hijau nan subur. Karena kecantikannya, kini destinasi alam ini jadi buruan para millenial. Biasanya mereka datang untuk sekedar foto-foto melengkapi cerita dan mencari hiburan, tapi banyak pula yang datang untuk sekedar menikmati alam.

Untuk bisa sampai di destinasi ini, sobat  bisa langsung ke Desa Golo Linus, Kecamatan Elar Selatan, Kabupaten Manggarai Timur atau Desa Golo Munde, Kecamatan Elar. Rute jalannya tinggal menyusuri jalan Desa dari  Kampung Pepil, Mbong Pau hingga Bebong. Jalannya cukup bagus meski beralas tanah jadi tidak usah khawatir. Setelah tiba di Pusat Ibu Kota Desa yang beralamat di Pepil, kita masih bisa berkendara menggunakan  kendaraan roda dua maupun roda empat hingga ke lokasi Pingabali. Jadi, tidak usa berparkirlah  kendaraan di Ibu Kota Desa. Jalurnya cukup mudah dan tidak terlalu ekstrim.

Pagi hari dan Sore hari adalah waktu terbaik untuk mendapatkan pemandangan indah di tempat ini karena saat matahari naik di antara perbukitan,  panoramanya sangat cantik cocok untuk diunggah di sosial media membuat iri hingga penasaran banyak orang. Jadi, tidak usah khawatir kesiangan. Perbukitannya tetap terlihat indah memesona.pinga bali12-JaringPos

Destinasi wisata ini belum ramai dikunjungi orang, bahkan belum mencapai ratusan. Pesona yang ditawarkan destinasi Pingabali ini adalah panorama hamparan awan, lembah dan bukit yang dapat dilihat dari atas Pingabali. Namun Pingabali ini tidak terlalu tinggi, ketinggian Gunung ini diperkirakan  hanya 2000 di atas laut (Mdpl).

Wah, masyarakat Manggarai Timur, bisa nih mengunjungi destinasi wisata ini dikala ada kesempatan.  Tidak perlu tempat jauh untuk menikmati pesona wisata alam yang indah. Tempat yang memang indah ini pun mulai viral di media sosial dan mulai menarik para pengunjung yang penasaran dengan keindahannya.


Akhir-akhir ini, Tingkatan usia para pengunjung yang datang pun bervariasi, tidak ada dominasi kategori umur tertentu. Meskipun yang berkunjung ketempat ini hanya masyarakat lokal. Para muda-mudi maupun orang dewasa yang membawa keluarganya, banyak juga yang datang menikmati keindahan alam di Bukit Pingabali.

Maka dari itu, Masyarakat Lokal bahkan pemerintah Desa setempat harus memikirkan bagimana bisa menyiapkan fasilitas bagi pengunjung. Misalnya; tempat parkir, MCK, perkemahan dan tempat beristirahat para pengunjung. Sehingga bagi pengunjung yang datang bisa membeli tiket masuk manakala tempat ini ditata dengan baik.

Lokasi Bukit Pingabali sekitar 70 km dari pusat Kota Borong, Ibu Kota Kabupaten Manggarai Timur. Sementara dari Pusat Ibu Kota Kecamatan Elar Selatan, Wukir, sekitar 8-10 km. Bagaimana, tertarik dengan alam Pingabali?  Bagi kamu yang ingin liburan bersama keluarga, teman atau rombongan, Bagi kamu yang ingin liburan bersama keluarga, temaan atau kekasih Pngabali bisa menjadi pilihan yang tepat.(NL/005)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker