Daerah

Tak Mau Desanya Digoncang Corona, Pemerintah Desa Daleng Semperot Disinfektan


Labuan Bajo,jaringpos _ Tak mau desanya digoncang badai Covid-19, sejumlah aparat Desa bersama petugas kesehatan melakukan penyemprotan disinfektan di 870 rumah penduduk di Desa Daleng, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, Flores NTT, pada hari Selasa (21/4/2020). Selain penyemprotan disinfektan, pemerintah Desa Daleng menyiapkan masker yang akan dibagikan secara gratis kepada warga Masyarkat.

Kepala Desa Daleng Alfonsius Harto kepada media ini mengatakan, upaya pencegahan Covid19 yang sudah ‘mengguncang’ dunia saat ini membuat dirinya bersama staf desa berinisiatif lakukan upaya pencegahan dan penyebaran terhadap Virus tersebut.


“Semoga dalam pencegahan virus ini dapat berguna bagi masyarakat, baik kesehatan maupun keamanan. Karena itu, saya berharap kepada masyarakat desa untuk¬†¬† mengikuti anjuran dari pemerintah seperti, mencuci tangan, jaga jarak, (sosial distancing) hindari diri dari kerumunan, dan mengenakan masker bila ke luar rumah,” ucap Harto.daleng2-JaringPos

Lebih lanjut ia juga berpesan, meski rumah dan lingkungannya sudah disemprot disinfektan, bukan berarti warga sudah bebas dari ancaman Covid19. Akan tetapi, kewaspadaan harus tetap dijaga dan diutamakan.

“Penyemprotan disinfektan tidak menjamin bahwa lingkungan kita sudah bebas dari serangan virus itu. Oleh karena itu, kita selalu waspada dan tetap melakukan upaya pencegahan, bukan hanya kami pihak desa, tetapi masyarakat juga harus sama-sama terlibat,” pesan Harto.

Baca Juga:

Pihaknya juga selalu mendata warganya yang pulang dari luar daerah maupun pendatang baru yang masuk ke desa tersebut.

“Kami sudah bekerja selama ini yaitu pendataan bagi pendatang baru entah itu pelajar/ mahasiswa maupun orang-orang yang datang dari daerah yang sudah terpapar. Sebanyak 25 orang telah melakukan karantina mandiri sedangkan yang masih melaksanakan karantina mandiri sebanyak 52 orang. Mereka dikarantina selama 14 hari di rumah masing-masing,” papar Harto.

Menanggapi kegiatan tersebut seorang warga masyarakat Desa Daleng, Vitus merasa puas dan besyukur karena selama ini dirinya dihantui kecemasan dengan meningginya angka kematian akibat Covid 19. Dirinya berharap, kegiatan serupa sesering mungkin dilakukan.

“Semoga kegiatan ini terus dilakukan sehingga wabah Corona ini tidak menyebarluas,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, aparat Kepolisian Polsek Lembor, Aparat TNI dari Koramil Lembor, pihak kesehatan dari puskesmas terdekat, ketua BPD Desa Daleng bersama anggotanya dan tokoh masyarakat Desa Daleng. (07/yb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker