Daerah

Pemerintah Desa Wae-Wako Gelar Musrenbangdes


Labuan Bajo – Pemerintah Desa Wae-Wako Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, gelar Musrenbangdes (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa) untuk tahun anggaran 2021. Kegiatan ini diselenggarakan di Kantor Desa Wae Wako-Pampa, (20/2/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh Penjabat Kepala Desa Wae-Wako, Safrudin Jamat, Camat Lembor yang diwakili oleh Kasipem Engelbertus F. Karpu, Ketua BPD Sumarto Hardien, S.Pd, Direktur Bumdes Muhammad Karim serta para pendidik dan tokoh masyarakat Desa Wae-Wako.


Beberapa usulan tokoh masyarakat ikut mewarnai kegiatan ini dengan suasana hangat dan bersahabat ditanggapi oleh pihak desa maupun pihak kecamatan, sehingga nampak komunikasi dua arah yang berjalan baik. Dengan demikian, usulan yang di rencanakan menjadi skala perioritas untuk usulan musrenbang desa tahun 2021.

IMG 20200111 220137-JaringPos

Musyawarah yang berlangsung dua jam itu membuahkan hasil keputusan diantaranya:

Baca Juga:
  1. Mengevaluasi program sebelumnya yakni pada RKPDS 2019.
  2. Mengusulkan kembali program 2019 yang belum dilaksanakan dan direalisasikan di tahun 2020.
  3. Mengembangkan program Bumdes mandiri yang telah dianggarkan pada tahun 2019.
  4. Merencanakan program di tahun 2021 untuk dimasukan dalam APBDES dan APBD II.

Penjabat Kepala Desa Wae-Wako Safrudin Jamat dalam pemaparannya menghimbau kepada seluruh masyarakat desa untuk memperdayakan pembangunan desa melalui padat karya, sehingga tidak ada lagi masyarakat Desa Wae-Wako yang keluar dari daerahnya hanya untuk bekerja buruh kasar. “Kita kelola dana desa ini dengan perdayakan masyarakat desa untuk mengambil bagian dalam membangun desa, tanpa harus mencari pekerjaan di luar”, tegas Safrudin.

KoMelalui kegiatan musrenbangdes ini, ia mendorong partisipasi masyarakat desa dalam menyusun perencanaan pembangunan tahunan di tingkat desa.

Sementara itu, Engelbertus, F. Karpu, menegaskan kepada pemerintah desa Wae- Wako agar program-progam perencanaan yang belum dilaksanakan pada tahun lalu, agar dimasukan kembali di poksi APBDES dan APBD II, sehingga tidak ada lagi program yang tidak dijalankan.

Pernyataan tersebut senafas dengan Ketua BPD Sumarto Hardien.” Sumarto berharap musrenbangdes kali ini menjadi perhatian khusus bagi DPRD dan Pemda Mabar, demi kemakmuran masyarakat desa yang jauh dari kemajuan selama ini, pungkas Marto.(07/yb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker