Daerah

Ketua TP PKK Sultra Ny Agista Ariany Ali Mazi: Gerakan PKK Bisa Beri Solusi Permasalahan Bangsa


Kendari, JaringPos | Ketua TP PKK Sultra Ny. Agista Ariany Ali Mazi menghadiri puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 Tingkat Provinsi Sultra yang digelar di Hotel Claro, Kamis (18 Maret 2021).

Ny. Agista Ariany Ali Mazi yang membacakan sambutan tertulis dari Ketua Umum TPP PKK Pusat Ny. Tri Tito Karnavian mengatakan, gerakan PKK bukan obyek program pemerintah. Gerakan PKK harus mampu menginspirasi keluarga-keluarga Indonesia untuk melakukan perubahan sebagaimana tujuan pembangunan nasional.


“Terbukti, PKK telah turut memberikan solusi bagi permasalahan bangsa, terutama di masa pandemi Covid-19. Sebanyak 41,3 juta masker di seluruh provinsi di Indonesia telah dibagikan dan sebanyak 51.850 orang telah menjalani rapid tes yang dilaksanakan PKK pada peringatan Hari Ibu tahun 2020,” Ujar Agista.

Saat ini, tantangan yang harus turut dijawab oleh TP PKK adalah isu-isu strategis yang meliputi degradasi moral, stunting, pandemi Covid-19, dan kerusakan lingkungan. Ini semakin menegaskan bahwa program-program PKK harus bersinergi dengan pemerintah.

Puncak peringatan HKG PKK ke-49 juga diwarnai dengan parade busana adat pengantin wanita di 17 kabupaten/kota. Para Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-Sultra secara bergantian naik ke panggung menunjukkan pakaian adat mereka yang diiringi penjelasan tentang makna-makna filosofis pakaian yang mereka kenakan.

Baca Juga:

Parade busana adat pengantin yang dikemas dalam lomba fashion show ini dimenangkan oleh Kabupaten Bombana sebagai juara pertama, dan berturut-turut sebagai juara kedua dan ketiga masing-masing Kabupaten Konawe dan Muna, serta juara favorit dari Kabupaten Buton Selatan.

Acara ini juga diisi dengan peragaan busana hasil rancangan Ketua TP PKK Sultra Agista Ariani Ali Mazi, yang terdiri dari kain batik bermotif Sultra dan kain tenunan khas Sultra. Busana rancangan Ketua TP PKK Sultra ini dijadwalkan akan ditampilkan pada ajang Indonesian Fashion Week 2021.

Di penghujung acara, diumumkan stan pameran terbaik dari 17 kabupaten/kota. Juara pertama hingga ketiga secara berturut-turut diraih oleh Kabupaten Muna, Kota Kendari, dan Kabupaten Kolaka Utara. Sedangkan juara harapan satu sampai tiga masing-masing diraih oleh Kabupaten Buton Selatan, Kolaka, dan Buton.

Kegiatan puncak peringatan ini cukup meriah. Selain para pengurus TP PKK kabupaten/kota, acara ini juga dihadiri oleh unsur Forkopimda tingkat provinsi, pimpinan lembaga vertikal baik TNI/Polri maupun sipil, sekretaris daerah provinsi, dan para kepala OPD lingkup pemprov.(*04dR)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker