Daerah

Puluhan Bendesa Adat se-Gianyar, Geruduk Kediaman I Wayan Bawa di Seseh

Badung, JaringPos | Sejumlah Bendesa Adat se-Gianyar ramai-ramai mendatangi kediaman Bendesa Adat Seseh I Wayan Bawa yang dipimpin ketua majelis desa adat (MDA) kabupaten Gianyar, Anak Agung Gde Alit Asmara pada Minggu (16/10/2022),

Menurut Alit Asmara, kehadiran para Bendesa adat ini ternyata atas kepiawaian I Wayan Bawa dalam mengelola Desa Adat Seseh. “Kehadiran kami disini tidak lain adalah untuk melakukan shering akan program-program yang sudah dilakukan Bendesa adat Seseh, yang benar-benar menjadi Pioner dan patut di contoh oleh desa adat lain di seluruh Bali,” ucap Alit Asmara disela-sela pertemuan.

Konsep Tri Hita Karana yang menjadi landasan dari adanya desa adat di Bali, diterapkan oleh I Wayan Bawa dengan menggelontorkan sejumlah program yang berpihak kemasyarakat adat adalah sesuatu yang luar biasa, diantaranya dengan menanggung BPJS 172 KK Krama adatnya menjadi suatu terobosan yang patut diapresiasi dan di contoh.

Alit Asmara mengungkapkan, pertemuan yang dilakukan secara santai dikediaman Bendesa adat Seseh tersebut menghasilkan banyak hal, bukan saja shering tentang cara pengelolaan potensi desa, namun pertemuan tersebut memberikan banyak pemikiran didalam mempertahankan adat budaya Bali serta menimbulkankan adanya pentingnya adanya persatuan antara desa adat sebali. Seperti yang diucapkan Bendesa adat desa Suwat kabupaten Gianyar, Ajik Sudibye.

“Saya sangat apresiasi atas pencapaian yang telah dilakukan serta apa yang sedang menjadi program Bendesa adat Seseh, ini sangat luar biasa secara pribadi saya bangga dengan Bendesa adat Seseh”, ucap Alit Sudibye dalam shering tersebut. Lanjut Alit Sudibye, Pentingnya adanya konsorsium Desa adat seluruh Bali, agar masyarakat kita tidak sampai menjual tanah untuk kebutuhannya.

“Kita akan kuat jika kita bersatu dan apa yang menjadi kekayaan alam kita, bisa kita kelola secara optimal dengan adanya konsorsium Desa adat seluruh Bali, kita bisa bangun hotel besar villa-villa mewah secara konsorsium kalau kita bisa bentuk konsorsium Desa adat tersebut,” papar Ajik Sudibye. Bahkan Ajik Sudibye mengatakan orang seperti I Wayan Bawa merupakan Aset dari Masyarakat adat Seseh dan Umumnya Bali secara Keseluruhan.


I Wayan Bawa mengucapkan terima kasih atas kunjungan Ketua MDA Gianyar Anak Agung Alit beserta para benDesa adat Gianyar, I Wayan Bawa mengatakan apa yang di lakukan nya hanyalah bahagian dari rasa tanggung jawab nya sebagai bendesa di Seseh. Dengan melakukan apa saja yang bisa dilakukan untuk mencapai Tri Hita Karana, sehingga masyarakat desa adat menjadi masyarakat yang sejahtera dan selalu optimis didalam menjalani kehidupan. (One)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker