BeritaDaerahNasionalOlahragaPariwisata

Kabar Sirkuit Mandalika Dibatalkan, Dorna Sports Buka Suara


Mataram, JaringPos | Kabar adanya balapan di Sirkuit Mandalika bikin heboh, Masyarakat dikabarkan kecewa hingga Dorna Sports sudah buka suara memberikan penjelasan. Balapan yang dibatalkan tersebut adalah seri balapan Asia Talent Cup (ATC)

Ketua Pelaksana Panitia Daerah WSBK dan MotoGP Pemprov NTB Ahmad Nur Aulia menjelaskan, masyarakat memang sangat antusias menonton balap ATC. Tapi masyarakat harus memaklumi, sebuah balapan dilaksanakan dengan pertimbangan keamanan dan keselamatan.


“Informasi yang kami dapatkan dari penyelenggara, race dibatalkan karena pertimbangan keamanan dan keselamatan para pembalap,” katanya. Dirilis Jaringpos.com, Senin (15/11/2021).

Secara teknis pihaknya tidak punya wewenang untuk menjawab. Dia bisa memaklumi kekecewaan warga dengan batalnya balapan tersebut. Di sisi lain dia bersyukur warga tidak melupakan kekecewaan dengan merusak fasilitas yang ada.

Warga pulang dengan tertib dan tidak meninggalkan sampah.

Baca Juga:

“Kekecewaan pasti ada tapi kita juga harus terbiasa setiap race, saat dibatalkan penyelenggara kita harus bisa menerima,” katanya.

Atas insiden tersebut para pembalap dan kru kemudian menyapa para penonton di tribun. Mereka melambaikan tangan dan minta maaf karena tidak bisa balap hari ini.

Kepala Pemasaran Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Aji Aditra Perdana di lokasi menjelaskan, balapan Asia Talent Cup tersebut tidak dibatalkan tapi ditunda.

“Ini tidak dibatalkan tapi di-reschedule ke minggu depan,” katanya.

Seri tiga balap Asia Talent Cup Mandalika 2021 akan dijadwalkan ulang minggu depan.

“Sebenarnya kita punya empat race dua minggu ini dan dua minggu depan, tapi kita nanti akan satukan minggu depan, empat race langsung,” katanya.

Menurutnya masyarakat tidak perlu kecewa karena yang paling penting adalah keselamatan pembalap saat di lintasan. Tapi secara detail dia tidak bisa menjelaskan penyebab ditundanya balapan.

Menurutnya ATC merupkan event internasional. Harusnya dikerjakan secara lebih profesional. Semua dipersiapkan secara matang dari hal yang kecil sampai yang besar. Sebab event tersebut menyangkut nama baik Indonesia di mata dunia.

Dorna Sports Buka Suara

Setelah sempat ramai beredar kabar dibatalkan, muncul konfirmasi bahwa balapan seri keempat Asia Talent Cup 2021 (ATC 2021) di sirkuit Mandalika betul dibatalkan.

Sebelumnya, kedua balapan seri keempat ATC 2021 dijadwalkan untuk digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit sejak Sabtu, (14/11/2021) siang.

Balapan pertama ATC 2021 di Mandalika seharusnya digelar pada pukul 12.00 dan disusul oleh balapan kedua pada pukul 14.00 waktu setempat.

Tapi, kedua balap tersebut tidak kunjung digelar hingga akhirnya muncul konfirmasi ‘penjadwalan ulang’ yang dikeluarkan oleh pihak Dorna Sports.

Menurut berbagai sumber yang berada di lokasi sirkuit Mandalika yang tidak ingin disebutkan namanya, pembatalan ditengarai akibat kekurangan jumlah marshal.

Hal tersebut pun membuat FIM dan Dorna Sports memutuskan untuk meniadakan seluruh kegiatan balap hari ini, dan merapel kedua balapan tersebut dengan ATC 2021 seri berikutnya.

Yang berarti, para pembalap ATC akan menjalani empat balapan sekaligus seri berikutnya pada 19 hingga 21 November atau bersamaan dengan ajang WorldSBK Indonesia 2021

“Balapan Idemitsu Asia Talent Cup yang seharusnya digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada Minggu, 14 November telah dijadwal ulang minggu depan,” tulis pernyataan Dorna Sports yang diterima dan dilansir GridOto.com pada Minggu, (14/11/2021).

“Dorna Sports bersama dengan Mandalika Grand Prix Association bisa mengonfirmasi seri terakhir ATC akan terdiri dari empat balapan yang berlangsung dari tanggal 19 hingga 21 November,” lanjut pernyataan tersebut.

Sejatinya, balapan pertama ATC 2021 di sirkuit Mandalika ini sengaja digelar untuk pengetesan infrastruktur dan fasilitas sirkuit baru tersebut dalam kondisi balap.

Tapi karena adanya penjadwalan ulang ini, maka ‘ujian’ sebenarnya untuk sirkuit Mandalika pun bisa jadi lebih berat karena harus menggelar dua event balap sekaligus yaitu ATC dan WorldSBK.

“Kesulitan dalam Sporting Organisation telah diidentifikasi dan sekarang tengah diatasi untuk menjaga keselamatan para rider ketika balapan dimulai,” tutup pernyataan tersebut. (*slm/JaringPos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker