Internasional

Breaking News: Pengunjuk Rasa Menyerbu Istana Presiden Brasil

Ratusan pengunjuk rasa Pro-Bolsonaro juga menduduki gedung Kongres

Jakarta, JaringPos | Ratusan pengunjuk rasa Pro-Bolsonaro memanjat jalan Kongres Nasional Brasil, di Brasilia, dan berada di area luar gedung pada Minggu (8/1/2023) sore, melanggar blokade keamanan yang diberlakukan oleh Menteri Kehakiman, Flávio Dino.

Polisi Militer dan Tentara Nasional berusaha mencegah pengunjuk rasa memasuki Istana Planalto dengan menggunakan semprotan merica dan bom efek moral, menurut Globo.com

Hampir satu jam setelah invasi, Menteri Kehakiman Flávio Dino, yang pada hari Sabtu (7) telah mengizinkan penggunaan Pasukan Keamanan Publik Nasional “karena demonstrasi politik di pusat ibu kota federal” karena karavan dengan pengunjuk rasa yang menentang pemilu hasilnya, dipublikasikan di Twitter tentang situasinya.

“Upaya absurd untuk memaksakan kehendak dengan paksa ini tidak akan berhasil. Pemerintah Distrik Federal mengatakan akan ada bala bantuan. Dan kekuatan yang telah kita lakukan. Saya di kantor pusat Kementerian Kehakiman,” kata Dino. Kelompok itu telah terkonsentrasi selama beberapa hari terakhir di depan Markas Besar Tentara Nasional.

Para pengunjuk rasa berpakaian hijau dan kuning serta simpatisan mantan presiden Jair Bolsonaro mempertanyakan hasil pemilihan presiden yang memberikan kemenangan kepada Presiden Lula. Sejak putaran kedua berakhir pada 30 Oktober, para pendukung mantan presiden telah melakukan protes di jejaring sosial dan di berbagai kota di seluruh negeri dan bahkan memblokir ratusan jalan raya pada November.

Serangan para pengunjuk rasa mengingatkan pada invasi Capitol Hill, kursi legislatif AS, di Washington dua tahun lalu, pada 6 Januari 2021, oleh para demonstran yang memprotes kekalahan Presiden Donald Trump saat itu dari Joe Biden pada November. pemilihan presiden 2020.


Menurut laporan CNN Brazil, beberapa pengunjuk rasa telah berhasil memasuki gedung Kongres Nasional dan beberapa mencoba memasuki kursi kekuasaan eksekutif. Presiden Lula tidak berada di Brasilia. Dia berada di Araraquara, Sao Paulo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker