BeritaNasional

Imparsial Kritik Baju Army Look Anggota DPR Saat Uji Calon Panglima TNI


Jakarta, JaringPos | Beberapa anggota Komisi I DPR RI memakai baju hijau army a la tentara saat melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Komisi I DPR pun tuai kritik karena memakai baju ini.


Peneliti dari Imparsial, Husein Ahmad mengatakan memang tidak ada aturan yang melarang para anggota DPR memakai baju hijau army saat fit and proper test panglima TNI. Namun, hal tersebut menurut Husein tidaklah lazim.

“Boleh aja (pakai baju hijau army). Tapi nggak lazim di parlemen negara-negara demokrasi,” kata Husein kepada wartawan, Minggu (7/11/2021).

Dia mengatakan bahwa baju ‘militeristik’ seperti itu cuma dipakai di negara-negara otoriter. Yaitu negara-negara yang mengadopsi militerisme.

Baca Juga:

“Biasanya Parlemen yang pakai baju yang ‘militeristik’ cuma ada di negara-negara yang otoriter atau fasis misalnya Tiongkok, Kuba dan lain sebagainya. Karena negara-negara itu mengadopsi militerisme ke dalam kehidupan bernegaranya,” ungkapnya.

Menurutnya baju hijau army itu aneh jika dipakai oleh anggota parlemen negara demokrasi. Hal ini justru bisa mengesankan bahwa anggota DPR bukan mewakili rakyat.

“Menjadi aneh kalau itu dilakukan di negara demokrasi. Dalam negara demokrasi lazimnya wakil rakyat menampilkan dirinya sebagai representasi yang diwakili (rakyat). Kalau begini kan ada kesan kalau anggota DPR bukan wakili rakyat tapi wakili kelas yang gaya berpakaiannya mereka pakai itu,” tuturnya.

Selfi Bareng Andika

Sebelumnya, Komisi I DPR RI menyetujui Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI. Andika langsung dikerumuni anggota Komisi I untuk berswafoto atau selfie.

Andika disetujui menjadi Panglima TNI di ruang rapat Komisi I DPR RI, Jakarta Pusat. Persetujuan disampaikan dalam kesimpulan rapat yang dibacakan oleh Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid.

Saat disetujui, Andika Perkasa mendapat tepuk tangan dari para anggota Dewan. Setelah pembacaan kesimpulan selesai, Andika langsung dikerumuni anggota Komisi I untuk berfoto. Beberapa anggota Komisi I juga tampak memakai baju hijau army a la tentara.

Sejumlah anggota DPR, seperti Hillary Brigitta Lasut dan Effendi Simbolon, terlihat ber-selfie bersama Andika.

Diketahui, Komisi I DPR RI menyetujui Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI. Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi I Meutya Hafid seusai fit and proper test terhadap Andika.

“Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI,” kata Meutya Hafid, Sabtu (6/11).

Dia mengatakan surat persetujuan akan diteken pimpinan Komisi I. Nantinya, surat itu akan dibawa ke rapat paripurna DPR terdekat. (*slm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker