Olahraga

Sirkuit Mandalika Berpotensi Gelar Formula 1


Mataram, JaringPos | Sirkuit Mandalika yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), berpotensi menggelar balapan Formula 1 selain MotoGP dan World Super Bike (WSBK).

Rencananya Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah balapan World Super Bike (WSBK) pada November mendatang. Kemudian disusul dengan tes pra musim MotoGP pada Februari 2022 dan diikuti balapan MotoGP.


Pengelola Sirkuit Mandalika, Mandalika Grand Prix Association (MGPA), pun membuka peluang menggelar balap mobil Formula 1 dengan syarat melakukan penyesuaian standar atau homologasi dari FIA (Federasi Balap Mobil Dunia).

“Untuk balap MotoGP homologasi sirkuit di bawah FIM. Kalau Formula 1 homologasi sirkuitnya di bawah FIA. Sekarang kami dapat persetujuan dari FIM melalui Dorna untuk menggelar MotoGP, sedangkan untuk Formula 1 sirkuit harus dapat homologasi dari FIA terlebih dahulu,” kata Ricky Baheramsjah Direktur Utama MGPA, Rabu (1/9/2021).

Ricky mengemukakan MGPA sangat percaya diri Sirkuit Mandalika bisa juga mengelar balapan jet darat Formula 1 meski harus melalui beberapa tahapan proses untk mendapat kepastian.

Baca Juga:

“Kami sangat terbuka untuk kesempatan ini, membawa seri balapan Formula 1 ke Indonesia. tapi saat ini, kami fokus untuk menggelar seri balapan MotoGP dulu tahun depan,” ujarnya.

Sementara itu, Chief Strategic and Communication MGPA, Happy Harinto menegaskan bahwa saat ini fokus konsentrasi tercurahkan sepenuhnya untuk menyelenggarakan seri WSBK atau World Super Bike pada 12-14 November mendatang. Kemudian disusul MotoGP 2022 seperti yang telah ditetapkan Dorna.

“Untuk Formula 1 standar yang ditetapkan berbeda. Karakter sirkuitnya juga berbeda. Tapi bukan berarti mengubah trek. Bisa sih bisa, tapi ada konstruksi lintasan di sirkuit tertentu yang menyesuaikan dengan karakter balap mobil di FIA,” jelas Happy.

Direktur Konstruksi dan Pengembangan MGPA, Dwianto Eko Winaryo menambahkan ada penyesuaian karakter lintasan di Sirkuit Mandalika yang harus ditambah. Hal itu diperlukan untuk bisa meyakinkan FIA kalau Sirkuit Mandalika aman untuk menggelar balapan Formula 1.

Dorna selaku operator MotoGP telah menyematkan kategori super safe untuk Sirkuit Mandalika, meskipun homologasi resmi dari Federasi Balap Motor Internasional (FIM) belum dikeluarkan.

Istilah tersebut diberikan Dorna usai melakukan inspeksi secara virtual pada pekan kedua Agustus lalu. Katanya (*slm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker