Pendidikan

Keren, Mahasiswa Ini Lulus Sarjana dengan Skripsi 37 Halaman


Purwokerto, JaringPos | Menyusun sebuah skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir pasti membutuhkan perjuangan untuk menyusun bab demi bab.

Penelitian dalam skripsi juga akan berpengaruh dalam jumlah halaman skripsi yang dibuat. Jika beberapa waktu lalu ada skripsi yang mencapai ribuan halaman, kini ada juga mahasiswa yang menyelesaikan skripsi cukup dengan 37 halaman saja.


Dilansir dari platform edukasi yang ada di Instagram @campuspedia, di kutip Jaringpos.com. Minggu (29/8/2021), mahasiswa yang berhasil menyusun skripsi hanya 37 halaman dilakukan oleh Nurfa Rama Dika.

Membuat skripsi 37 halaman

Lulusan Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) ini baru saja menyelesaikan studinya sehari sebelum liburan Idul Adha bulan Juli 2021 lalu.

Baca Juga:

Postingan Rama Dika di akun TikTok @dika_rama98 ini sontak menarik perhatian netizen. Skripsi yang disusun Dika hanya sebanyak 37 halaman sudah termasuk cover hingga halaman daftar riwayat hidup.

Skripsi yang dibuat Nurfa Rama Dika berjudul Pengaruh Level dan Cara Pemberian Madu terhadap Kadar Lemak Abdomen dan Lemak Daging Puyuh Jantan.

Dipertanyakan netizen

Jika dijabarkan secara mendetail, skripsi tersebut terdiri dari 1 halaman sampul, 2 lembar pengesahan, 1 lembar pernyataan, 2 lembar pustaka, 1 lembar daftar isi, 1 lembar daftar tabel, 1 lembar daftar lampiran, 2 lembar abstrak bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, 2 lembar bab 1 pendahuluan.

Sebanyak 4 lembar bab 2 tinjauan pustaka, 6 lembar bab 3 metode penelitian, 6 lembar bab 4 pembahasan, 1 lembar bab kesimpulan dan saran, 3 halaman daftar pustaka, 2 lembar daftar lampiran, 2 lembar tentang penulis dan 1 halaman kosong di bagian paling belakang.

Postingan Nurfa Rama Dika di TikTok ini tentu mengundang banyak tanya netizen. Ada pula netizen yang membandingkan halaman skripsi mahasiswa di kampus lain dengan jumlah hingga ratusan halaman. Hal ini karena ketentuan minimuman skripsi di kampus biasanya sekitar 50-70 halaman.

Rama Dika pun menjelaskan bahwa peraturan di kampusnya yang tidak membatasi jumlah minimal halaman skripsi karena penelitiannya bersifat eksperimen. Sehingga Nurfa Rama Dika tetap bisa lulus dari Fakultas Petenakan Unsoed hanya dengan 37 halaman saja.

Rama Dika pun kembali menerangkan, bahwa hal tersebut tergantung kebijakan masing-masing jurusan.

Tips skripsi ringkas dari Rama Dika
Dia juga membagikan tips membuat skripsi yang ringkas. Menurut Rama Dika, mahasiswa harus pintar mencari referensi yang berkaitan dan sesuai dengan penelitian. Setelah itu, diaplikasikan ke bagian pembahasan skripsi.

Dia menekankan, yang perlu dicatat adalah pembahasan tersebut jangan sampai keluar dari kajian teori bab II.

“Kita harus menyesuaikan dan menarik benang merah dari bab II dan bab IV. Nantinya apabila kita sudah menguasai, maka kita bisa lebih mengerti alur penulisan skripsi dan skripsinya pun bisa tipis atau lebih ringkas,” urai Rama Dika. Katanya (*slm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker