Berita

De Wira Dilantik Sebagai Ketua DPD KNPI Bali 2022-2025, Rangkul Pemuda Untuk Majukan Indonesia

Denpasar, JaringPos | Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Provinsi Bali Periode 2022-2025 I Putu Gede Wirakusuma yang akrab dipanggil De Wira dengan Sekretaris Yoga Fitrana Cahyadi dilantik oleh Sekjend DPP KNPI Gandung Rafiul Nurul Huda di Denpasar, Jumat (29/4/2022).

Sekjend DPP KNPI Gandung didampingi Wakil Ketua Umum DPP KNPI, Amin Ngabalin dan Ketua OKK Bung Choir. Pada acara itu hadir pula Ketua MPW PP Provinsi Bali, I Made Ariandi yang memberikan sambutan.

Kegiatan itu mengusung tema “KNPI Bali Era Baru Bangkitkan Peran Positif Pemuda sebagai Potensi Besar Pembangunan Wujudkan Bali Era Baru” memiliki sejarah besar dalam menguatkan peran pemuda Bali dalam memajukan Indonesia menuju 2045.


Pelantikan itu diawali dengan Tari Panyembrama sebagai tari penyambutan oleh empat remaja putri menambah suasana tradisi Bali dalam pelantikan KNPI hasil Musyawarah Provinsi (Musprov) XIV pada 27 Januari 2022 lalu yang dibuka Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pertama.

Sejarah pun telah membuktikan, peran pemuda memiliki peran strategis dalam berbagai perjuangan bangsa. Pemuda bukan hanya sebagai agent of change tetapi perlunya peran pemuda sebagai the leader of change atau pemimpin perubahan.

Gandung menegaskan, pelantikan ini merupakan tonggak kebangkitan pemuda Bali, bersatu dan bekerjasama dalam membangun Indonesia dari berbagai keragaman.

“Pemuda bisa bangun persatuan bangsa antar suku, ras, agama, daerah demi kemajuan bangsa,” ujarnya.

Dengan memanfaatkan momentum bonus demografi Indonesia yang didominasi pemuda dan usia produktif mencapai 70 persen dapat memajukan dan menyatukan bangsa bukan malah sebaliknya yang timbulkan perpecahan seperti Suriah, adanya perang tiada henti.

Namun, pemuda-pemuda Indonesia justru merebut berbagai pos – pos strategis kepemimpinan baik legislatif, eksekutif maupun yudikatif. Upaya itu sebagai bentuk peran nyata pemuda dalam ikut serta membangun bangsa.

Gandung juga menyampaikan keprihatinannya terhadap dampak pandemi Covid-19 yang melanda Bali. Karena sektor pariwisata mati suri hampir selama dua tahun sejak mewabahnya Covid-19. “Sembari menunggu kebangkitan kembali pariwisata, mari kita gali hasil bumi. Tidak dijual ke luar, tapi diolah sendiri,” ajakanya.

Dia juga mengajak melakukan evaluasi menyikapi gerakan perubahan yang sangat cepat. Para pemuda diajak bukan untuk menjadi agen perubahan, namun menjadi pemimpin perubahan. “Di KNPI ini kita belajar, dan itu sudah terbukti bahwa KNPI melahirkan tokoh-tokoh pemimpin besar,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Gandung R.N. Huda juga meminta KNPI Bali untuk melakukan penambahan pengurus dengan mengikutsertakan 10 persen unsur pemuda lainnya. Seperti dari komunitas UMKM, seni, dan juga unsur komunitas budaya.

“Pada tanggal 15 Mei akan ada Kongres di Maluku dengan tema konsolidasi budaya dan pemuda Indonesia. Sesuai dengan pesan Ketua Umum, KNPI masing – masing provinsi menggunakan pakaian adat, membawa tanah dan kerikil untuk disatukan. Nanti kita usulkan untuk membangun Tugu Pemuda di Ibu Kota Negara (IKN),” tandasnya.

Sementara itu, De Wira mengatakan akan mengakomodir dan merangkul seluruh unsur Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) dalam menjalankan program-program KNPI Bali. Karena para tokoh OKP mempunyai kapasitas dan kemampuan dalam upaya gotong royong melaksanakan program KNPI Bali ke depan. “KNPI ini merupakan wadah OKP-OKP yang ada di Bali. Tanpa ada OKP, KNPI ini tidak pernah ada,” tegasnya.

Pelantikan jajaran KNPI Provinsi Bali-JaringPos
Ket Foto: Pelantikan jajaran KNPI Provinsi Bali oleh Sekretaris Jenderal DPP KNPI, Gandung R.N. Huda kepada Ketua DPD KNPI Provinsi Bali I Putu Gede Wirakusuma di Denpasar, Jumat (29/4/2022).

Ditegaskan, program kerja KNPI Era Baru ke depannya merupakan aspirasi dari para OKP. Usulan dan saran para OKP akan ditampung kemudian dibahas bersama untuk merumuskan program kerja KNPI. Pihaknya juga sepakat dengan arahan dari Sekretaris Jenderal KNPI untuk merangkul unsur-unsur pemuda lainnya. Baik kelompok seniman, komunitas UMKM.

“Kami akan rangkul. Kami sangat terbuka untuk itu. Karena potensi ini akan membawa dampak positif bagi organisasi, sehingga pemuda mampu memberikan kontribusi terhadap pembangunan Bali,” tegasnya.

Kata dia, program KNPI Bali secara garis besar adalah bersinergi dengan pemerintah Provinsi Bali, pemerintah di kabupaten/kota, terutama dalam pemulihan ekonomi Bali, pascapandemi Covid-19 ini. Kemudian, lanjut dia, memperkuat sumber daya manusia (SDM) generasi muda Bali untuk menjadi motor penggerak pembangunan. “Dalam waktu dekat ini kami akan beraudiensi dengan Bapak Gubernur Bali untuk memperkenalkan pengurus KNPI yang baru dilantik ini,” ujarnya.

De Wira juga menyampaikan komitmennya mendukung Pemerintah Provinsi Bali dalam membangun Bali. Yakni pembangunan Bali berlandaskan kearifan lokal, Tri Hita Karana sesuai dengan visi ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’ untuk mewujudkan Bali Era Baru. “Ini adalah kesempatan kami untuk turut serta membangun Bali,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua MPW PP Provinsi Bali, I Made Ariandi. KNPI adalah organisasi yang dibentuk oleh OKP yang ada di Bali. Pihaknya juga mengapresiasi spirit KNPI Bali yang menyerap aspirasi para OKP dan bersinergi dengan pemerintah dalam menjalankan program kerja yang akan dilaksanakan.

Ia pun ingin merangkul semua pemuda dari berbagai kalangan, Indonesia itu kebhinekaan selalu mengdepankan kebersamaan sesuai dengan empat pilar Kebangsaan antara lain, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Saya ingin jadi ketua KNPI. Tapi umur sudah tak mengizinkan. Umur saya sudah kepala lima, tapi jiwa spirit dan kejiwaan tidak luntur. Ke depan adik-adik pengurus baru mari kita saling rangkul, dan terbuka pintu hati kepada siapa saja,” tandasnya.

Sebelumnya, perwakilan salah satu OKP yang hadir dalam acara ini, Ahmad berharap organisasi ini lebih maju menuju Bali Era Baru. Dia juga mengajak seluruh OKP mampu menjadi pemuda sukses dan mencetak kader pemimpin di masa mendatang. “Saya salah satu OKP yang hadir berkomitmen memajukan organisasi. Karena KNPI adalah wadah untuk berkolaborasi,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker