Berita

Monitor Kesehatan Penumpang, Relawan Covid 19 Mabar Siapkan Passanger Arrival Form


Labuan Bajo, Jaringpos _ Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat berkomitmen mencegah penyebaran infeksi Virus Corona (Covid-19) ke wilayah Kabupaten Manggarai Barat, khususnya dan Pulau Flores umumnya melalui jalur transportasi udara Bandara Komodo maupun pelabuhan laut.

Wakil Bupati Manggarai Barat drh. Maria Geong, memimpin rapat terbatas dengan melibatkan Tim Gugus Tugas Gerak Cepat, Menghadapi Covid19 Manggarai Barat (Mabar) dan menghasilkan kesepakatan untuk melakukan pemantauan di ruang kedatangan bandara Komodo, Jumat (27/3) di Kantor Bupati Manggarai Barat.


Setelah berkoordinasi dengan otoritas Bandara Komodo untuk melakukan pemantauan dan meminta kerja sama yang baik dari para penumpamg pesawat yang masuk lewat Bandara Komodo dengan mengisi Passanger Arrival Form (Form Kedatangan Penumpang) yang diterbitkan Pemkab Mabar.

“Form kedatangan penumpang yang dibagikan oleh petugas relawan Covid-19 Manggarai Barat diharapkan diisi oleh setiap penumpang. Data penumpang ini penting untuk pelacakan terhadap mereka dalam waktu 14 hari berada di Manggarai Barat,” katanya

Data ini, lanjut Wakil Bupati, akan ditabulasi, dipetakan dan dishare ke desa dan kelurahan, camat dan bahkan kabupaten tetangga bila diperlukan. Dinas terkait, Kepala desa dan lurah secara reguler dalam kurun waktu 14 hari akan memonitor kesehatan mereka untuk memastikan mereka baik-baik saja.

Baca Juga:

“Kami bisa memastikan the hot spot kasus ini dan membantu surveillance, early warning system serta memutus mata rantai penyakit. Hal ini dibuat untuk mencegah kepanikan dan resistensi masyarakat terhadap mereka yang datang dari wilayah zona merah yang tercatat +ve Covid 19,” paparnya.

Wakil bupati menyampaikan permohonan maafnya atas ketidaknyamanan ini, dan menurutnya, semua ini demi keselamatan bersama dan menolong Pemda Mabar melindungi masyarakat serta meminimalisir risiko penyakit ini.

“Terimakasih untuk semua relawan yang selalu bergandengan tangan, ASN, Polri,¬† Satpol¬† PP, Polsek Komodo, Camat Komodo, Otoritas Bandara, relawan Pelita, Misi peduli Covid-19, komunitas masyarakat Labuan Bajo, journalist media cetak dan elektronik serta semua yang peduli kemanusiaan,” katanya.

“Kepedulian kita adalah garda terdepan mencegah virus Corona (Covid19),” pungkasnya.(07/yb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker