Pendidikan

Mahasiswa UMM Ini Lulus tanpa Skripsi berkat Publikasi Jurnal


Malang, JaringPos | Mahasiswa UMM ini lulus tanpa skripsi berkat rajin publikasi tulisan di jurnal. Ada tiga mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang yang menempuh model ini. Yaitu Fitrah Ashary Bangun, Andhika Rahmat, dan Igo Ilham Hilabi.

Mahasiswa UMM ini lulus kuliah tanpa skripsi berkat kebijakan Prodi Manajemen yang membolehkan untuk mengganti skripsi dengan publikasi jurnal bereputasi.


Dosen pembimbing UMM, Dr R Iqbal Robbie SE MM, mengatakan, memperbanyak pilihan tugas akhir sudah dilakukan Prodi Manajemen sejak beberapa tahun lalu.

Dalam proses pengajuan, tugas akhir jurnal hampir sama dengan skripsi yaitu mahasiswa harus mengajukan Surat Keputusan (SK) pembimbing, melakukan bimbingan dengan dosen dalam proses pengerjaan jurnal, dan terakhir melakukan verifikasi ketika jurnal telah diterbitkan.

”Perbedaan paling mencolok dari jurnal dan skripsi ada di bagian publikasi. Jurnal mengharuskan naskah penelitian mahasiswa untuk di-publish minimal pada jurnal akreditasi nasional peringkat (Sinta) dua dan jurnal internasional bereputasi. Dibanding skripsi, jurnal lebih ringkas dalam proses penulisan,” ujar dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis tersebut.

Baca Juga:

Iqbal mengatakan, ada tiga mahasiswa yang jurnalnya terverifikasi dan berhasil lulus tanpa skripsi dalam satu semester ini. Mereka mampu mem-publish karyanya pada jurnal Shinta 2. Ketiga mahasiswa ini telah mempersiapkan jurnal jauh hari sebelum mereka memperoleh SK pembimbing. Hal tersebut mempersingkat proses pengerjaan yang mereka lakukan.

”Keberadaan TA jurnal ini sangat bagus karena penelitian mahasiswa dapat teruji dengan baik. Oleh karenanya, kami mendorong mahasiswa untuk memproduksi jurnal sebelum menginjak semester akhir,” kata dosen kelahiran Pamekasan tersebut yang di kutip Jaringpos.com pada PWMU.CO

Andhika Rahmat, salah satu mahasiswa yang lulus tanpa skripsi, mengatakan, pengerjaan jurnal ini tergolong singkat. Penulisannya sendiri hanya memakan waktu dua pekan. Sementara proses publikasi dan verifikasi jurnal memakan waktu tiga bulan.

”Saya tertarik mencoba tugas akhir jurnal karena konkret dan kritis dalam proses pengerjaan maupun hasilnya. Selain itu saya sudah mempelajari kasus untuk jurnal saya sejak menjadi mahasiswa baru. Hal tersebut memudahkan saya dalam proses pengerjaan TA,” ungkap mahasiswa asal Ternate tersebut.

Andhika berharap kampus bisa mendorong mahasiswa untuk berani berkarya melalui TA jurnal. Di sisi lain para mahasiswa juga diharapkan bisa mengerti bahwa menulis jurnal itu sangat menarik.

”Jika kedua hal tersebut dapat tercipta, maka akan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Baik dalam penyelesaian tugas akhir kuliah maupun akreditasi jurusan,” katanya.

Igo Ilham Hilabi menulis karya ilmiah berjudul Communicative Action: Correlation of Leadership Principles in the Viewpoint of Muhammad Rasulullah and J. Habermas. Dimuat di Jurnal Technium Science.

Fitrah Ashary Bangun menulis Implication of Collective Leafership in the Implementation of Managerial Decision Making Strategies. (Study on People’s Core Plantations Asian Development Bank/ PIR ADB Besitang North Sumatra). Dimuat di Jurnal Technium Science.

Andhika Rahmat Saputra judul tulisan Modification of Jurgen Habermas Thought in Business Management Practices: An Empirical Study at Mondragon Corp. Dimuat di Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen. Katanya (*slm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker