Pariwisata

Pemprov Riau Gelar Festival Pulau Rupat, Tingkatkan Kunjungan Wisata-Ekonomi


Pekanbaru, JaringPos | Pemerintah menggelar festival Pulau Rupat dan running 10K di Bengkalis, Riau. Festival Pulau Rupat digelar guna membangkitkan gairah pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia yang sempat terdampak akibat pandemi COVID-19.
Festival Pulau Rupat dan Running 10K dan digelar oleh Dinas Pariwisata Provinsi Riau, mengusung tema ‘Culture Paradise’. Kali ini festival dilajukan secara tatap maya dan tatap muka mulai 23-25 Oktober 2021.

Berbagai event dilaksanakan mulai lari 10 K, fesyen show, bazar, pameran fotografi, seni pertunjukan menampilkan, RDP and The Syndicate, Sanggar Sri Melayu. Selain itu juga hadir pelaku ekonomi kreatif lain seperti Dristik Hip Hop, Jass Manggoo, Nurul Arief, Putri Kencana, Omok, dan atraksi Zapin Api.


Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan, seluruh kegiatan yang masuk ke dalam kharisma event nusantara (KEN) 2021 dipilih berdasarkan tiga aspek utama. Ketiga aspek adalah kreatifitas berbasis teknologi digital, aspek kolaborasi potensi lokal dan adaptasi yang berbasis protokol CHSE.

“Tentu persiapan event ini telah dilakukan secara matang oleh tim kurator dari Kemenparekraf. Tim ini yang membantu menyusun dan menentukan kriteria pemilihan kegiatan, hingga mengkaji dan menganalisis proposal kegiatan,” terang Roni di lokasi, Minggu (24/10/2021).

Roni mengaku Riau telah diberi anugerah dari Tuhan. Sebab memiliki pantai yang indah, alam memesona serta semangat Budaya Melayu yang kuat. Roni berharap Pulau Rupat bisa terus berkembang.

Baca Juga:

“Sekarang tinggal bagaimana kita bisa melakukan hal-hal kreatif dan fokus pada pemberdayaan masyarakat lokal. Tentu agar Pulau Rupat bisa menjadi kawasan pariwisata yang terdepan,” katanya.

Festival Pulau Rupat sendiri difokuskan di 2 lokasi destinasi wisata bahari, mulai dari Pantai Lapin dan Mercusuar. Dua lokasi ini tepat berada di bibir pantai berpasir putih, di tepian Selat Malaka, berseberangan langsung dengan Port Dickson Malaysia.

Pulau Rupat Utara adalah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Memiliki pasir putih sepanjang 17 kilometer. Berhadapan ke Selat Malaka, dan berbatasan langsung dengan Port Dickson Malaysia.

Ada sejumlah objek wisata di pulau ini, di antaranya Pantai Pesona Teluk Rhu, Pulau Beting Aceh, dan Pantai Lapin. Di kawasan wisata bahari ini sudah tersedia sejumlah villa hingga homestay. Kuliner laut dengan bumbu khas warga lokal menjadi santapan wisatawan yang melancong ke daerah ini.

Angin Segar Bangkitkan Pariwisata Pulau Rupat

Seniman Riau, Rino Dezapati mengatakan, event Festival Pulau Rupat menjadi angin segar bagi pelaku parekraf Riau. Terutama di bidang seni pertunjukan yang dilakukan hanya bisa berkat bantuan pemerintah di daerah dan pusat.

Festival Pulau Rupat
Festival Pulau Rupat

“Karena kalau kita berharap dengan pihak swasta mereka masih wait and see melihat kondisi investasi dan pandemi. Jadi event yang dilaksanakan Dispar Riau, meskipun digelar secara prokes ketat dan hybrid, ini merupakan kegiatan yang dinanti-nantikan para seniman di Riau,” ujar Rino, seniman yang juga pendiri Riau Rhythm Chambers Indonesia.

Rino mengakui kegiatan seperti ini sangat minim digelar di Riau. Rino memahami kondisi itu, lantaran recofusing anggaran pandemi COVID-19.

“Kita tidak bisa menyalahkan pemerintah karena minimnya kegiatan-kegiatan bagi pelaku parekraf. Hal itu dikarenakan anggarannya diserap untuk refocusing penanganan COVID-19. Kondisi ini juga terjadi di sejumlah Kementerian di Jakarta,”

Rino menuturkan, meski para seniman di Riau tidak bisa semua terakomodir karena anggaran yang terbatas. Tapi kegiatan ini berdampak positif bagi pelaku parekraf yang terdampak COVID-19.

“Karena untuk recovery di masa pandemi ini, harapan pelaku parekraf hanya dari pemerintah. Melalui kegiatan seni pertunjukan hybrid ataupun virtual, tentunya bisa berdampak ekonomi bagi pelaku seni pertunjukan yang terdampak pandemi,” tandas Rino.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker