BeritaDaerahNasionalPariwisata

KEK Mandalika Serap 8 -12 Ribu Tenaga Kerja, Ekonomi NTB Bisa Melesat


Mataram, JaringPos | Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) I Gede Putu Aryadi menegaskan, tuntasnya pengerjaan Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika membawa dampak besar bagi perekonomian Nusa Tenggara Barat (NTB).

Setidaknya, belasan ribu lapangan kerja terbuka lebar untuk masyarakat setempat. Tugas Disnakertrans NTB saat ini adalah menyiapkan tenaga kerja dengan kompetensi dan skill yang dibutuhkan user.


“Perkiraan saya daya serap KEK Mandalika kurang lebih antara 8-12 ribu tenaga kerja dari seluruh sektor. Seperti perhotelan hingga UMKM,” ujar Kadisnakertrans NTB I Gede Putu Aryadi dilansir dari Lombok Post, dikutip Jaringpos.com, Senin (25/10/2021).

Berdasar catatan Disnakertrans, di KEK Mandalika setidaknya akan dibangun delapan hotel bintang lima dengan total investasi mencapai lebih dari Rp 14 triliun.

Hal ini membuka lapangan kerja baru yang mampu menyerap lebih dari 570 ribu tenaga kerja. Khusus untuk ajang World Superbike Championship (WSBK) 19 – 21 November mendatang, setidaknya dibutuhkan 8.000 tenaga kerja.

Baca Juga:

Kadisnakertrans NTB I Gede Putu Aryadi mengatakan, saat ini pihaknya bersama Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Kerja dan Industri (FKLPKI) sedang menyusun buku informasi pasar kerja secara detail.

Termasuk skill yang dibutuhkan dalam 5-10 tahun kedepan. Tujuannya adalah untuk memberi gambaran terhadap perkembagan penyerapan dan kebutuhan tenaga kerja. Termasuk kebutuhan jenis pelatihan tenaga kerja, serta dampak ketenagakerjaan terhadap pengembangan ekonomi di wilayah masing-masing.

“Ini bagian dari upaya kami meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya. (lombokpost/eka/*slm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker