Berita

Pro Steril Bali Sosialisasikan Manfaat Sterilisasi Pada Hewan Peliharaan

Denpasar, Jaring Pos | Sterilisasi pada hewan banyak dianjurkan untuk mengontrol populasi. Memang masih banyak pro kontra soal tindakan ini pada hewan, namun manfaatnya juga banyak. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Pro Steril Bali Sintadi Haryanto pada acara deklarasi terbentuknya Komunitas Pro Steril Bali (PSB) pada Rabu (20/6/2022) belum lama ini. Komunitas dengan motto “Dari Kita Untuk Kita” terbentuk dengan susunan Ketua Sintadi Haryanto, Wakil Astuti Ning, Sekertaris Liana Yulianti dan bendahara Mirah Ayu Ratih dan Adytama sebagai Kepala Divisi.

Menurut Sintadi Haryanto, PSB terbentuk ini sebagai upaya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat manfaat sterilisasi pada hewan peliharaan, diantaranya adalah untuk mencegah terjadinya over populasi, Mengutip dari animalleague.org sterilisasi juga dapat mencegah penularan penyakit pada hewan serta dapat membuat perilaku hewan peliharaan menjadi lebih tenang dan lembut.

“Pengurus Komunitas Pro Steril Bali (PSB) yang terbentuk memiliki latar belakang dari street feeder, rescuer independent serta pemerhati kesejahteraan hewan di Bali. Komunitas ini konsen pada kegiatan sterilisasi untuk menekan populasi anjing dan kucing di Bali baik yang berpemilik maupun yang tidak berpemilik dengan membawa ke klinik hewan,” ujarnya.

Sintadi Haryanto menjelaskan bahwa menekan populasi hewan utamanya hewan yang tidak ada pemiliknya adalah salah satu upaya positif dalam memutus rantai pengembang biakan tidak terkontrol. Selain fokus pada kegiatan sterilisasi, PSB juga fokus pada pemberian makanan kepada anjing dan kucing setiap harinya di beberapa lokasi yang ada di Bali atau disebut street feeding.

“Pro steril Bali dalam kurun waktu satu bulan sejak berdirinya mulai aktif melakukan kegiatan sterilisasi. Hingga saat ini PSB sudah melakukan sterilisasi anjing dan kucing sebanyak 61 ekor. Disamping kegiatan feeding bersama setiap hari Minggu, setiap hari komunitas PSB juga melakukan feeding di daerah masing masing. Minggu 17 dan Minggu 24 Juli 2022, kegiatan diadakan di Taman Pancing, Denpasar Selatan. Beberapa pecinta anjing dan kucing turut mengambil bagian dalam kegiatan tersebut,” ungkap Sintadi Haryanto.

Pro steril Bali 3-JaringPos


Turut berpartisasi dalam kegiatan, Jovand Imanuel Calvary Ketua Bali Animal Defende, Mas Mursid perwakilan dari Cat Lover Baliku (CLBK), dan beberapa pemerhati kesejahteraan hewan lainnya. Kegiatan ini kedepannya akan rutin di laksanakan sebagai ajang diskusi bertukar pikiran, edukasi dan bentuk saling support satu dengan yang lainnya.

“Silahtuhrahmi harus dipupuk sejak dini, kebersamaan dalam bingkai kekeluargaan harus nya menjadi pondasi karena kita tidak bisa berdiri dan berjuang sendiri sendiri, kita harus saling melengkapi dan saling berbagi, baik pengetahuan maupun hal lainnya,” tambahnya.

Kegiatan rutin ini di sponsori oleh Bali Animal Defender, CLOW, Hills Pet Nutrition Indonesia, CP Petindo, Makna Petshop, Onawa Bali,Fidame petshop, Murah Jaya Petshop, Maxlife, Amore animal Clinic, Cobby Petshop dan Natha Satwa Nusantara (NSN) dalam bentuk pakan.

Sintadi Haryanto meminta agar semua pihak bisa ikut memberikan kontribusi positif pada setiap kegiatan-kegiatan tersebut. “Mari bersama sama berkontribusi dalam kesejahteraan hewan dimanapun anda berada,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker