Berita

Arti Kata Nanggala Kapal Selam Yg Kini Dinyatakan On Eternal Patrol


"Arti Nanggala merujuk dari cerita pewayangan Mahabrata"

Jakarta, JaringPos | Arti kata Nanggala Nama kapal selam yg kini dinyatakan on eternal patrol tersebut adalah “Baladewa”, putra kedelapan Basudewa raja Mandura dengan permaisuri Dewaki yang bergelar Dewi Mahendra bangsawan dari kerajaan Surasena. Ia mempunyai saudara kembar yang bernama Kresna. Selain itu, ia diyakini titisan dari Batara Basuki, dewa kesejahteraan dan keselamatan.

Walaupun lahir kembar Baladewa dan Kresna adiknya tidak sama, Baladewa berkulit putih bule, sedangkan Kresna berkulit hitam cemani. Selain kresna, Baladewa mempunyai adik wanita bernama Bratajaya atau Sumbadra.


Arti Nanggala atau Baladewa adalah ksatria yang setia pada kebenaran, meski temperamental, ia arif dan bijaksana, Baladewa kemudian mewarisi tahta sang ayah. Sementara adiknya yang bernama Kresna menjadi raja di Dwarawati.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Nanggala merupakan senjata yang terbuat dari kayu, berbentuk bulat dan kedua sisinya runcing. Senjata ini digunakan dengan cara digenggam.

Senjata Nanggala yang dimiliki oleh Baladewa ini konon sangat kuat dan memiliki kemampuan yang super sakti. Konon, Nanggala mampu untuk membelah gunung serta mencairkan besi baja.

Baca Juga:

Nanggala berwujud mata bajak dan Alugara berupa gara dengan kedua ujung runcing. Selain dua pusaka, Baladewa memiliki kemampuan untuk terbang dengan kecepatan tinggi, Aji Jaladara. Sehingga ia disebut Wasi Jaladara.

Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Hadi Tjahjanto mengumumkan bahwa Kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan subsunk alias tenggelam.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana Yudo Margono, dalam konferensi pers, Sabtu (24/4/2021).

Yudo menyebut sejumlah barang yang diduga kuat merupakan bagian dari kapal selam KRI Nanggala-402 ditemukan dalam pencarian.

Nanggala telah gagal melaporkan statusnya setelah melakukan latihan penembakan torpedo di Laut Bali, sekitar 95 km (51 mil laut) di utara Pulau Bali.(*cakrabawa)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker