Tips-trik

Cara Memeriksa Apakah Kabel USB-C Anda Mendukung Pengisian Cepat

Secara umum, Anda harus menggunakan kabel pengecas yang disertakan dengan paket saat membeli telepon. Jika tidak disertakan, tetap gunakan kabel pengecas yang sama dengan ponsel Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi untuk mengukur voltase untuk melihat apakah pengisian cepat berfungsi.

Pengisian cepat adalah tambahan yang relatif baru untuk smartphone yang sudah umum. Beberapa perangkat dapat diisi dari 0-100 dalam waktu kurang dari satu jam. Ini sangat mengagumkan, tetapi tidak berfungsi dengan sembarang kabel USB-C lama.

Port USB tipikal mengirimkan daya sekitar 2,5W ke perangkat yang terhubung. Pengisian cepat meningkatkan ini hingga 15W pada ujung bawah, sementara beberapa lainnya mencapai 100W. Jika Anda ingin memanfaatkan kecepatan pengisian daya yang lebih cepat ini, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki aksesori yang kompatibel.

Pertama, kami perlu menunjukkan bahwa kabel USB-C hanyalah satu bagian dari persamaan pengisian cepat. Adaptor AC—atau “bata pengisi daya”—juga perlu mendukung pengisian cepat. Kabel yang kompatibel dengan pengisian cepat tidak akan mengisi daya perangkat Anda lebih cepat daripada jika Anda menggunakan adaptor AC standar.

Jika ponsel Anda mendukung salah satu dari beberapa standar pengisian cepat, ponsel Anda mungkin dilengkapi dengan adaptor AC dan kabel yang mengaktifkannya. Jika tidak, Anda dapat memeriksa standar pengisian cepat mana yang didukung perangkat Anda dan menemukan aksesori yang kompatibel. Lihat panduan kami untuk pengisi daya telepon terbaik untuk berbagai opsi.

Apakah Kabel Saya Kabel Pengisian Cepat?

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa apakah kabel yang ada mendukung pengisian cepat. Pertama, Anda harus mulai dengan memeriksa kemasan ponsel Anda atau menemukan daftarnya secara online dan melihat apa yang tertulis di dalam kotak.


Jika ponsel Anda dilengkapi dengan kabel USB-C yang dapat diisi ulang dengan cepat, spesifikasi kabel tersebut akan dicantumkan di kemasan atau secara online. Terkadang hanya tertulis “Pengisian Cepat”. Istilah lain yang harus dicari adalah “Pengisian Cepat Adaptif”, “Pengisian Cepat”, dan “USB PD” atau “Pengiriman Daya USB”.

Hal lain yang mudah untuk diperiksa adalah ketebalan kabel. Kabel pengisian cepat cenderung sedikit lebih tebal dari kabel biasa, tetapi ini tidak selalu terlihat jelas.

Jika Anda tahu adaptor AC mendukung pengisian cepat, Anda dapat menggunakan telepon Anda untuk memastikan kabel juga mengisi daya dengan cepat. iPhone dan Android dapat menggunakan aplikasi bernama Ampere untuk melihat pengukuran voltase secara real-time. Cari 5V, 9V, 12V, atau lebih tinggi. Beberapa ponsel Android juga akan memasang “Pengisian Cepat” di layar kunci (ditampilkan di bawah).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker