BeritaNasional

Sadissss, Taliban Penggal Atlet Voli Perempuan Afghanistan Mahjabin Hakimi


Kabul, JaringPos | Mahjabin Hakimi, seorang anggota tim voli nasional wanita Afghanistan dipenggal oleh Taliban. Kabar ini dipastikan oleh pelatih tim bersebut, Suraya Afzali.

Dalam sebuah wawancara dengan Independent, Afzali membenarkan bahwa Hakimi terbunuh, tetapi mengatakan tidak ada orang lain selain keluarga atlet yang tahu persis waktu atau tindakan dari insiden tersebut. Dilansir WCTI12, dikutip Jaringpos.com, Sabtu (23/10/2021).


Mahjabin Hakimi diduga dipenggal oleh Taliban pada awal Oktober 2021. Insiden tersebut kemungkinan tetap disembunyikan karena keluarga Hakimi telah diancam untuk diam.

Afzali mengatakan kepada Independent bahwa ada banyak atlet wanita yang “diancam”, terumata mereka yang telah berkompetisi di berbagai perlombaan asing dan domestik, atau muncul di program media, seperti anggota tim voli nasional.

Sejak pengambilalihan Taliban baru-baru ini, mereka telah secara aktif mencari atlet wanita di berbagai kota dan menyerang rumah mereka, menurut Afzali. Pelatih tim voli nasional Afghanistan tersebut juga mengatakan bahwa hanya ada dua pemain bola voli di tim yang bisa meninggalkan Afghanistan.

Baca Juga:

Para pengunjuk rasa mendesak Taliban menghormati hak-hak kaum perempuan, termasuk menempuh pendidikan.(AFP Photo)

Baru-baru ini ada beberapa upaya untuk menyelamatkan atlet wanita dari Afghanistan, tetapi upaya mereka yang berada di tim bola voli untuk mendapat bantuan dari organisasi asing telah gagal.

“Semua pemain tim bola voli dan atlet wanita lainnya berada dalam situasi yang buruk dan dalam keputusasaan dan ketakutan,” kata Afzali kepada Independent. “Semua orang terpaksa melarikan diri dan tinggal di tempat yang tidak diketahui.”

Seperti diwartakan Independent, Taliban telah lama ingin mengusik olahraga wanita. Semua aktivitas olahraga, sosial, dan politik wanita telah dihentikan dengan alasan keamanan.

Hakimi bermain untuk Klub Bola Voli Kota Kabul sebelum runtuhnya pemerintah Afghanistan sebelumnya, dan dianggap sebagai salah satu pemain terbaik klub.

Tim voli nasional wanita Afghanistan memiliki kelompok usia dewasa dan remaja, serta telah berpartisipasi dan memenangkan penghargaan dalam kompetisi internasional dan regional. (*slm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker