Pariwisata

Desa Tetebatu NTB Masuk Nominasi Desa Wisata Terbaik di Dunia


Mataram, JaringPos | Desa Tetebatu di Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, dipastikan mewakili Indonesia dalam ajang lomba Desa Wisata Terbaik (Best Tourism Village) yang diselenggarakan Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO).

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi, mengatakan informasi nominasi Desa Tetebatu ini diperoleh langsung dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), yang memastikan terdapat tiga desa wisata yang diusulkan mengikuti lomba di UNWTO, bersama dua desa wisata lainnya di Indonesia, yakni satu dari Yogyakarta dan satu lagi dari Nusa Tenggara Timur (NTT).


Pemerintah provinsi mengapresiasi upaya yang dilakukan Kabupaten Lombok Timur yang sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk nominasi lomba ini.

Gubernur NTB dan Bupati Lombok Timur mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas atensi dan keputusan Kemenparekraf pada 19 Agustus, menetapkan desa wisata Tetebatu sebagai peserta lomba UNWTO. Terima kasih atas dukungan Mas Menteri Parekraf, semoga Tetebatu juara, ujar Yusron, seperti yang dikutip dari Jaringpos.com pada Senin (23/8/2021).

Menurut mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan NTB ini, terdapat enam keunggulan yang menjadi daya tarik wisata di Desa Tetebatu.

Baca Juga:

Di antaranya warisan budaya, wisata alam air terjun yang terdapat lebih dari tiga titik, bumi perkemahan, wisata ramah lingkungan dan rute lintasan sepeda gunung.

Saat ini kami sedang berada di Desa Tetebatu bertemu dengan Pak Kades, pengelola desa wisata dan pokdarwis untuk pendampingan lomba. Bentuknya non-teknis dan teknis.

Non-teknis bisa pemahaman tentang pengelolaan desa wisata, sedangkan teknisnya dukungan penataan kawasan dan pendampingan dilakukan oleh semua pihak. Ujarnya

Potensi Desa Tetebatu

Desa Wisata Tetebatu sendiri menjadi salah satu tempat untuk menikmati pesona keindahan pemandangan di kaki selatan Gunung Rinjani.

Desa ini memiliki pesona keindahan panorama pegunungan dan persawahan, kontur tanah di Tetebatu seperti anak tangga yang membentuk persawahan subur nan hijau.

Pecinta fotografi juga ramai mendatangi desa ini, khususnya mereka yang ingin mengambil keindahan pemandangan matahari terbit yang sangat menawan.

Pemandangan senjanya pun tak kalah menawan, sehingga sering ikut didatangi wisatawan.

Selain keindahan sunrise dan sunset, di desa wisata Tetebatu juga terdapat beberapa air terjun seperti, Air terjun Ulem-ulem, Air terjun Burung Walet, Air Terjun Kokok Duren, Air Terjun Seme Deye dan Air terjun Jeruk Manis.

Desa wisata Tetebatu telah memiliki beberapa fasilitas penunjang bagi para wisatawan, seperti homestay dan rumah makan.

Pengumuman pemenang ‘Best Tourism Village’ akan diumumkan pada Oktober 2021, dalam Sidang Majelis Umum UNWTO sesi ke-24 di Marrakesh, Maroko. Katanya (*slm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker