Pendidikan

GenBI Unud Laksanakan Kegiatan Mengajar Mewujudkan Anak Bangsa yang BICARA (Berani, Cakap, Terampil) di Tengah Pandemi


Gianyar, JaringPos | Sebagai generasi muda yang juga merupakan penerus bangsa Indonesia, berbagi sedikit pengetahuan yang dimiliki untuk dibagikan kepada masyarakat merupakan satu hal kecil yang memiliki dampak luar biasa. Dengan demikian, kita dapat turut serta mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat Udayana menggagas sebuah kegiatan mengajar yang ditujukan kepada anak-anak sekolah dasar yang ada di Desa Buahan Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, pada Senin (21/6/2021).


Salah satu dari panitia kegiatan Ni Made Dwi Radha Rani menjelaskan, kegiatan tersebut ditujukan untuk mengimbangi minimnya pembelajaran akibat dampak pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini diberi nama Sobat GenBI Mengajar atau yang disingkat SOGIM. Kegiatan ini juga dilakukan karena melihat masih banyak terdapat murid-murid sekolah dasar di desa yang masih sangat kurang dan tertinggal dalam segi akademik,” ujar mahasiswi semester IV di Fakultas Hukum yang akrab di panggil Radha tersebut..

GenBI Unud Gelar Program BICARA di Desa Buahan Gianyar-JaringPos
Program BICARA (Berani, Cakap, Terampil) oleh GenBI Unud di Desa Buahan Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, pada Senin (21/6/2021).

Pembukaan acara kegiatan yang dilaksanakan di Wantilan Desa Buahan tersebut dihadiri oleh Pembina GenBI Bali, Kepala Desa Buahan bersama dengan jajaran pengurus desa, Perwakilan Guru dari SDN 3 Buahan dan SDN 5 Buahan, serta perwakilan adik-adik dari SDN 3 Buahan.

Baca Juga:

Pada kesempatan tersebut, pihak desa sangat mendukung adanya kegiatan SOGIM yang dirasa sangat bermanfaat bagi anak-anak di Desa Buahan. Selain itu, anak-anaknya juga sangat antusias dengan kegiatan yang akan dilaksanakan.

Ketua Panitia SOGIM, Sinta Kharisma, mengatakan alasannya memilih Desa Buahan sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan ini sendiri karena melihat bahwa desa ini selain jauh dari kota, dari segi pendidikan pihaknya juga sangat menaruh perhatian lebih.

“Seperti kita ketahui setelah munculnya pandemi segala aktivitas masyarakat menjadi terbatas, salah satunya ialah proses belajar megajar di sekolah. Sehingga diharapkan kegiatan ini dapat menjadi pemantik semangat belajar anak-anak di Desa Buahan agar merasa bahwa meskipun pandemi kegiatan belajar mengajar bisa dikemas dengan asik dan lebih menyenangkan, tetapi tetap dengan protokol kesehatan,” ujar Sinta.

Selama rangkaian kegiatan SOGIM, panitia juga akan membuka open donasi berupa alat tulis, buku cerita, susu, maupun uang, yang akan diberikan kepada anak-anak di SDN 3 Buahan dan SDN 5 Buahan. Selain kegiatan mengajar, di akhir kegiatan SOGIM panitia akan mengadakan Lomba Cerdas Cermat yang akan diikuti oleh anak-anak dari SDN 3 Buahan dan SDN 5 Buahan.

Serta dari panitia juga akan memberikan kenang-kenangan berupa Pojok Buku, dengan maksud untuk meningkatkan minat baca anak-anak di Desa Buahan.

Kegiatan SOGIM ini akan dilaksanakan selama 3 bulan di Desa Buahan, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, dengan mengusung tema yakni “Mewujudkan Anak Bangsa yang BICARA (Berani, Cakap, Terampil) di Tengah Pandemi”. (Radha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker