Berita

Hasil Pemeriksaan Swab Tahap Dua, 4 Pasien Negatif Covid 19


Labuan Bajo,jaringpos _Hasil pemeriksaan Swab tahap dua terhadap 4 Pasien Positif Covid-19 dari Laboratorium Biologi Molekuler, Instalasi Patologi Klinik RSUD Prof. Dr. W.Z. Johanes Kupang dinyatakan Negatif Covid-19.

Informasi yang diperoleh Jaringpos. com melalui siaran Pers media Center Covid19, Kabupaten Manggarai Barat, Sabtu (23/05/2020).


Keempat pasien yang terkonfirmasi Negatif Covid 19 antara lain. Pertama, Pasien 01 inisial SS (71), laki-laki, domisili di Desa Wae Wako, Kecamatan Lembor. Kedua, Pasien 02 inisial MS (52), laki-laki, domisili di Desa Siru, Kecamatan Lembor. Ketiga, pasien 03 inisial S (48), laki-laki, Cluster Gowa, domisili di Malawatar, Kel. Tangge – Kecamatan Lembor. Keempat, Pasien 06 inisial AM (80), laki-laki, Cluster Gowa, domisili di Benteng Dewa – Kecamatan Lembor Selatan.

Meski demikian, sesuai petunjuk dan arahan Bupati Mangarai Barat sekaligus ketua Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid 19 tingkat Kabupaten Manggarai Barat, ke empat pasien yang kini Negatif Covid 19 tersebut, dipindahkan dari ruang isolasi RSUD Komodo Labuan Bajo ke tempat lain yang sudah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

Pemindahan itu sesuai dengan Prosedur Tetap (Protab) yang berlaku dengan tujuan agar mereka tidak terpapar lagi dengan pasien Covid-19 yang masih Positif serta mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan pasien.

Baca Juga:

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan kabupaten Manggarai Barat, Yohanes Johan, A.Md.Kep yang memimpin langsung pemindahan ke empat Pasien Negatif Covid-19 tersebut mengungkapkan, pemindahan keempat Pasien tersebut dilakukan untuk menghindari kemungkinan para Pasien terpapar Covid-19, mengingat masih ada Pasien Positif Covid-19 yang juga dirawat di ruang isolasi RSUD Komodo.

Sesuai Protab yang berlaku kata Johan, keempat pasien wajib melakukan 1 kali lagi test SWAB. Jika hasilnya negatif, maka ke empat pasien itu dapat dipulangkan ke rumahnya masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut, Johan menegaskan, bahwa Covid-19 adalah sakit yang dapat disembuhkan, seperti keempat Pasien (01,02,03,06). Lebih lanjut ia menegaskan, bahwa Covid-19 bukanlah aib atau kutukan, sehingga mereka yang pernah menderita Covid-19 tidak boleh dikucilkan dari pergaulan dan kehidupan bermasyarakat.

Johan juga mengimbau masyarakat agar tidak ragu untuk menerima kembali mereka yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Dengan Demikian, keempat Pasien yang saat ini terkonfirmasi Negatif Covid-19 tersebut tetap dalam pemantauan Tim Medis dan Tim Surveillance Dinas Kesehatan Kab. Manggarai Barat, hinggga dilakukan test SWAB terakhir (ketiga).(07/yb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker