Politik

Paket PRAJA Dipastikan Berlaga di Pilkada Mabar


Jaringpos.com. Labauan Bajo- Pasangan bakal calon bupati-wakil bupati, Fidelis Pranda-Belasius Jeramun (paket PRAJA) dipastikan sudah sangat ‘siap berlaga’ dalam kontestasi politik pilkada Mabar yang digelar 23 September mendatang. Seperti yang diungkapkan Pranda dan Jeramun bersama awak media lokal dalam diskusi informal di sekretariat¬† paket PRAJA, Sabtu, (22/02/2020) malam.

Kepastian soal ‘kesiapan’ itu terkonfirmasi dari kenyataan bahwa pihak KPUD sudah memverikasi data faktual pencalonan mereka dari jalur perseorangan. Berkas persyaratan yang mereka serahkan ke KPUD berupa 20 ribu kopian KTP wajib pilih dan persyaratan administrasi lainnya sudah diverifikasi dan dinyatakan lolos sebagai calon bupati dan calon wakil bupati oleh KPUD Mabar. Dengan demikian, paket PRAJA menjadi kontestan pertama yang dinilai telah memenuhi persyaratan teknis-admistratip untuk mengikuti kontestasi politik Pilkada itu.


Keputusan KPUD sebagai lembaga penyelenggara pemilu yang kredibel dan legitim itu merupakan kabar yang membahagiakan bagi para pendukung atau simpatisan dari pasangan calon (paslon) ini. Mereka telah melewati ‘tantangan pertama’ dengan hasil yang meyakinkan. Kerja cerdas dan kerja keras ‘tim pemenangan’ dan keluarga, terbayar tuntas hari ini.

edy e-JaringPos

Energi atensi politik ‘paket PRAJA’ tidak lagi terganggu dengan isu kendaraan politik yang belum aman seperti yang dialami oleh para rival PRAJA dalam pertarungan politik ini. Mereka bisa mengoptimalisasi energi dan sumberdaya politik untuk memantapkan ‘strategi perjuangan’ dan menambah daya gedor politik di titik-titik yang relatif belum terjamah secara maksimal. Fase konsolidasi politik menjadi lebih mudah dieksekusi. Mereka bisa memetakan dengan jelas ‘area politik’ yang dianggap sebagai basis massa konstituen dan mendesain pola pemasaran politik di wilayah yang masih rawan didominasi oleh para lawan politik mereka.

Baca Juga:

HM-JaringPos

Perjuangan politik ini memang masih panjang dan tentu saja melelahkan. Tetapi, apa yang ditorehkan Paket PRAJA hari ini, bisa menjadi pelecut gairah dalam berusaha dan menjadi modal dasar dalam memenangkan pertempuran politik yang prestisius ini. Karena itu, kita mengucapkan profisiat dan selamat berjuang kepada paket PRAJA bersama segenap pendukungnya yang sudah dinyatakan sebagai salah satu ‘pemain utama’ dalam kompetisi politik ini.

Paket PRAJA mesti beradu dengan waktu. Sebagai paket yang masuk lewat pintu perseorangan, tentu membutuhkan waktu dan energi yang cukup untuk memperkuat ‘jaringan politik’ di setiap desa. Dalam usaha penguatan kapasitas ‘tim pemenangan’ itu, paket PRAJA tidak dibantu oleh ‘pengurus partai politik’ yang sudah tersedia di hampir semua desa. Mereka hanya mengandalkan militansi dan konsistensi spirit warga yang secara sadar bergabung dalam ‘koalisi publik’ untuk memenangkan paket PRAJA.

“Perjuangan tim Paket kami (PRAJA) untuk mengumpulkan KTP di setiap desa dengan jumlah desa 164 dan 5 kelurahan merupakan upaya yang luar biasa dan tidak sia- sia. Oleh karena itu, suatu penghargaan bagi kami berdua untuk tim- tim yang bekerja di 164 desa dan 5 kelurahan itu. Harapan kami berdua, kita tetap senafas dalam membangun koalisi rakyat. Kita diusung langsung oleh rakyat” ungkap Pranda dengan nada penuh harapan.

IMG 20200117 074140-JaringPos

Seperti yang dilansir oleh beberapa media lokal sebelumnya bahwa Paket PRAJA sudah menyerahkan 20 ribu kopian KTP dari para pemilih yang masuk dalam kategori ‘daftar pemilih tetap’ (DPT). Ingat bahwa tidak ada garansi angka 20 ribu itu berbanding lurus dengan perolehan suara di hari pemilihan nanti. Masih ada kemungkinan angka 20 ribu itu berkurang jika paket ini kurang taktis dalam mengoptimalisasi sumberdaya politik guna menjaga dan merawat relasi yang mesrah dengan para konstituen.

Kendati demikian, angka 20 ribu itu menjadi modal dasar dan gambaran kekuatan untuk mengambil langkah-langkah signifikan dalam mendongkrak perolehan suara di hari puncak.

Dengan modal politik yang terlihat saat ini, jika tidak ada kasus politik besar yang dibuat paket ini ke depan dan bisa mencoreng reputasi mereka, maka impian untuk memenangankan Pilkada Mabar sangat terbuka lebar.(07/yb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker