Daerah

PGCA Tabanan Gandeng UGM Memeriahkan HUT RI KE-77 Dengan Lomba Hewan Kesayangan

Tabanan, JaringPos | Komunitas Pecinta Hewan dan Semesta berkolaborasi dengan mahsiswa Universitas Gajah Mada (UGM) Jogja mengadakan acara lomba untuk pemilik hewan kesayangan di lingkungan Perumahan Graha Candra Asri, Tabanan pada Sabtu (6/8/2022).

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Mewujudkan Keharmonisan Antar Sesama Makhluk Hidup’ ini dimaksudkan sebagai upaya PGCA mmemberi pemahaman kepada masyarakat pentingnya menjaga keharmonisan antar sesama mahluk hidup termasuk hubungan dengan alam sebagai konsep untuk menyayangi lingkungan bagi masyarakat dalam merayakan HUT RI ke-77.

Lomba yang diikuti oleh pemilik hewan adalah, lomba Fashion show, lomba makan cepat dan lomba berat badan hewan. Antusias warga terlihat dengan banyaknya yang mendaftarkan diri untuk mengikuti lomba bahkan dari luar daerah Tabanan juga ada yang ikut berpartisipasi.


Kegiatan tak hanya lomba saja namun diselipkan edukasi edukasi untuk para pemilik hewan. “Saya berharap dengan adanya lomba ini, bisa tetap menjalin silatuhrahmi dengan baik dengan para penyayang hewan khususnya di lingkungan Perumahan Graha Candra Asri dan penyayang hewan pada umumnya,” tutur Maria dalam sambutan nya selaku penanggung jawab kegiatan.

Tak hanya itu drh. I Wayan Sutarja selaku kepala UPTD Puskeswan 2 Tabanan, menyampaikan terima kasih atas dilaksanakannya acara lomba ini. Ia berharap semoga masyarakat bisa lebih sayang dalam memelihara anjing dan kucing sehingga tidak di terlantarkan serta dalam program vaksinasi rabies tahun 2022. “Masyarakat agar pro aktif mengikuti vaksinasi hewan anjing dan kucing,” ujarnya.

GPAC2-JaringPos

Di tempat yang sama Jovand Imanuel Calvary selaku Founder dan ketua Bali Animal Defender yang sekaligus menjadi Juri lomba memberikan edukasi tentang tata cara pemeliharaan hewan penular Rabies (HPR) sesuai peraturan Gubernur Nomor 18 tahun 2010, penegakan perlindungan hewan dan kesejahteraan hewan.

Turut hadir dari komunitas Pro Steril Bali ( PSB) mengambil bagian sebagai Juri, adytama, Liana Yulianti,Ni Ketut Mirah Ayu Ratih, Astuti Ning dan Sintadi Haryanto. Smoga kegiatan kegiatan seperti ini tidak hanya pada saat moment hari kemerdekaan tapi di moment moment lainnya dan kegiatan edukasi harus lebih dimaksimalkan dalam berbgai kesempatan contohnya kegiatan lomba ini , tutur Sintadi Haryanto selaku ketua PSB di sela sela kegiatan lomba.

Puncak acara pemenang lomba mendapatkan hadiah menarik dari panitia pelaksana dan dari sponsor, adapun sponsor dalam kegiatan ini adalah Goodie Bag dari PT. Sumber Bina Makmur ( Hills Petcare) dan PT. Nestle Purina Petcare (Proplan).

GPAC 3-JaringPos

Ada banyak cara untuk melakukan edukasi kepada masyarakat, salah satunya melalui lomba ini. Masyarakat bisa lebih memahami bagaimana cara memelihara dengan baik hewan kesayangan mereka, mereka lebih memahami ada undang undang yang mengatur tentang kesejahteraan hewan, mengetahui tentang bentuk bentuk kekejaman hewan yang diatur di dalam pasak 302 KUHP dan 406 ayat (2) KUHP, pasal 66 A Juncto pasal 91b UU nomor Tahun 2019 tentang perubahan UU nomor 18 Tahun 2009 tentang peternakan dan kesehatan hewan, Intruksi Gubernur Bali Nomor 524/5913/Disnakeswan tentang pelarangan peredaran dan perdagangan Daging Anjing agar masyarakat mengerti bahwa anjing dan kucing bukanlah hewan ternak dan tidak layak untuk dikonsumsi manusia.(Jv/ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker