Seni Budaya

Dinas Pariwisata Mabar Gelar Festival Musik Akustik untuk  Pelajar.

Labuan Bajo, jaringpos – Dalam rangka Mengembangkan Bakat Anak-Anak Melalui Musik Akustik Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat melalui Dinas Pariwisata, menyelenggarakan kegiatan  dengan tema Lomba Kreativitas Kelompok “Masyarakat Ekonomi Kreatif Se- Kabupaten Manggarai Barat” pada Kamis, 21/ 11/2019) di Aula SMAK St. Ignasius Loyola- Labuan Bajo.

Kegiatan ini menghadirkan kompetisi di bidang seni dan kebudayaan. Salah satu yang menarik perhatian adalah Festival Musik Akustik untuk kalangan pelajar SD, SMP dan SMA/ SMK  sederajat. Dengan rincian peserta 2 Sekola tingkat SLTP dan 3 sekolah tingkat SLTA. Total Peserta 6 Group Band. Dan 1 Band untuk exibisi dari SD Yosefa.

Saat unjuk kebolehan, para peserta pun membuat kagum ratusan penonton yang memenuhi Aula SMAK St. Ignasius Loyola.

Seperti peserta dari SMK Stella Maris Labuan Bajo, menjadi pusat perhatian penonton karena mereka Membawakan lagu yang berjudul ‘ Ewada’, para personel tampil memukau memainkan musik seruling yang merdu.

Bunga salah satu personil yang merupakan Vokalis menuturkan bahwa dengan seruling ini kita menunjukkan kemampuan yang patut kita banggakan sebagai alat musik tradisional yang patut dipertahankan.

Usai pentas peserta dari SMK Stella Maris yang membawakan lagu Ewada yang merupakan lagu daerah Manggarai yang telah diarensemen ulang tepuk tangan penontonpun pecah.


Sementara itu, Kabid pengembangan   Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Budaya Manggarai Barat, Bapak Chrispinianus Mesima, kepada jaringpos menjelaskan bahwa Kegiatan lomba Akuistik bertujuan untuk menggali dan mengembangkan bakat serta krativitas anak muda  Manggarai Barat, dengan memberikan ruang  kepada generasi muda  untuk menampilkan kebolehan seninya mulai dini, melatih bakat-bakat seninya untuk dikembangkan lebih lanjut.

Mesima menambahkan kegitan Festival ini berlangsung selama dua hari dari hari Kamis 21 sampai hari Jumat 22 November 2019. Lanjut Mesima bahwa salah satu dari subsektor ekonomi kreatif yaitu seni pertunjukan. Di Manggarai Barat ada empat subsektor unggulan yaitu kuliner, kryia, fashion dan seni pertunjukan. Namun, kali ini kami mengangkat khusus yang Akustik dan melibatkan generasi muda yang ada di Labuan Bajo.

Chrispianus berharap ajang- ajang seperti  Musik Akustik ini sering-sering diadakan oleh siapa pun,tujuannya jelas untuk menyalurkan bakat- bakat, serta menggali potensi yang ada pada anak muda saat ini. ” Karena minat anak mudah terhadap musik itu besar sekali. Dengan adanya kegiatan ini,minimal bisa memberikan jalan kepada mereka untuk mencoba   potensinya”, Pungkas Chrispinianus Mesima.(007/yb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker