BeritaDaerah

Ini Pemicu Cuaca Terasa Lebih Panas di NTB


Mataram, JaringPos | Beberapa minggu terakhir pada Oktober 2021 ini, panas matahari begitu terasa di NTB. Akibatnya masyarakat merasa cepat gerah dengan kenaikan suhu itu. Terlebih pada siang hari. Lantas, apa penyebabnya?

Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Zainudin Abdul Majid (ZAM) I Gusti Agung Angga menerangkan, memang berdasarkan pengamatan, suhu udara maksimum beberapa hari terakhir mengalami peningkatan.


Adapun peningkatan suhu ini merupakan akibat dari pengaruh pergerakan semu matahari yang biasa terjadi berulang setiap tahun.

Konsep dasarnya seperti gambar di atas. Warna kuning merupakan matahari dan warna merah merupakan jalur gerak semu matahari.

“Lokasi kordinat NTB berada pada posisi 8° 10′ – 9 ° 5′ LS. Jadi pada saat bulan Oktober, posisi gerak semu matahari tepat berada di atas Pulau NTB,” jelasnya, dikutip Jaringpos.com, Kamis (21/10/2021).

Baca Juga:

Akibat gerak semu ini maka, menyebabkan penyinaran matahari secara langsung ke permukaan lebih optimal, khususnya di NTB yang Oktober ini di atasnya ada gerak semua matahari. (RL/*slm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker