Politik

Paket Praja Kantongi 20 ribu Dukungan Daftar  Ke KPU Mabar


Labuan Bajo, jaringpos – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai Barat mulai membuka pendaftaran bagi calon independen atau perseorangan yang ingin maju dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) 2020.

Pantauan media jaringpos.com, pasangan bakal calon Bupati dan calon Wakil Bupati jalur independen, Wilfridus Fidelis Pranda-Blasius Jeramun (Praja) adalah paket yang pertama mendaftar dan menyerahkan berkas syarat dukungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai Barat, Rabu (19/2) siang sekitar pukul 09.00 Wita. Fidelis Pranda dan Belasius Jeramun (Praja) didampingi tim sukses dan ratusan pendukung menuju Kantor KPU Manggarai Barat (Mabar).


ft bt-JaringPos

Penyerahan syarat dukungan dan persebaran bakal pasangan calon independen Bupati dan Wakil Bupati dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat tahun 2020 ini sesuai dengan jadwal pengumuman Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Manggarai Barat Nomor: 332/PL.02.2-Pu/5315/KPU-Kab/XII/2019 yang diterbitkan pada 3 Desember 2019.  Jadwal penyerahaannya diberi waktu selama 5 hari yakni terhitung sejak 19 Februari sampai dengan 23 Februari 2020.

Fidelis dan Blasius  diterima langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Manggarai Barat Robertus V. Din bersama Anggota disaksikan juga oleh Bawaslu Manggarai Barat, Kesbangpol dan Polres Manggarai Barat. Tim Praja menyerahkan dokumen berupa berkas dukungan sebanyak lebih dari 20 ribu KTP  ke KPU Mabar sesuai persyaratan yang telah ditetapkan.

Baca Juga:

IMG 20200111 220137-JaringPos

Fidelis Pranda menuturkan berkas dukungan berupa KTP diperoleh dari 12 kecamatan di Mabar.

“Kami telah mendapat dukungan berupa KTP beserta surat pernyataan dukungan dari masyarakat di wilayah Manggarai Barat. Hari ini, kami serahkan 20.450  KTP dan surat pernyataan dukungan,” ungkapnya.

Ketua KPU Mabar Robertus V.Din  mengemukakan calon perseorangan yang akan maju di Pilkada Mabar pada tahun 2020 membutuhkan paling sedikit 16.788 KTP. Jumlah tersebut muncul dari 10 persen dari total DPT pemilu sebelumnya yaitu 167.880 pemilih. Setiap calon harus mengumpulkan salinan KTP yang tersebar dari minimal 7 kecamatan se-Manggarai Barat.

IMG 20200116 003242-JaringPos

“Jadi harus tersebar lebih dari 50 persen kecamatan, di Manggarai Barat kan ada 12 kecamatan artinya harus tersebar di 7 kecamatan, ini minimal dukungannya,” kata Robert.

Namun, sebagaimana data yang diterima Tim Media Centre Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Manggarai Barat, jumlah dukungan yang diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum hari ini melebihi standar minimum dari yang ditentukan KPU Kabupaten Manggarai Barat atau dengan prosentase dukungan mencapai 121,48% dari target. Dia mengatakan berkas persyaratan yang diserahkan paket PRAJA sebanyak 20.394. Mudah-mudahan berkas tersebut sesuai dengan yang sudah diserahkan.

“Setelah ini kita akan lakukan verifikasi terhadap seluruh dokumen yang diserahkan. Dan verifikasi administrasi faktual, akan turun ke lapangan,” tutur Robert.

Pengecekan jumlah dukungan dan persebarannya oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mangggarai Barat dijadwalkan akan berlangsung selama 8 hari terhitung sejak 19 Februari 2020 sampai dengan 26 Februari 2020.(07/yb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker