Nasional

Pesawat RI-1 Tampil Perdana dengan Warna Merah Putih, Presiden Melakukan Kunjungan Kerja Ke Jawa Timur


Jakarta, JaringPos | Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Provinsi Jawa Timur didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Presiden dan rombongan terbatas lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 08.00 WIB, Kamis (19/8/2021).


Pesawat Kepresiden Indonesia-1 terlihat telah berubah wajah berwarna merah putih. Warna baru ini merupakan kemunculan perdana pesawat tersebut usai dicat ulang dari yang sebelumnya berwarna biru putih.

Pergantian warna Pesawat RI 1 ini sebelumnya menuai polemik. Pasalnya, biaya pengecatan itu diperkirakan mencapai Rp2 miliar. Sebab, di tengah pandemi pemerintah seharusnya fokus para masalah prioritas.

Bertolak ke Jatim, Agenda kerja pertama yang akan dilakukan Kepala Negara adalah meninjau vaksinasi COVID-19 bagi pelajar di SMPN 3 Mejayan, Kabupaten Madiun. Presiden juga akan melakukan konferensi video dengan peserta vaksinasi serupa di sejumlah provinsi lain.

Baca Juga:

Selepas itu, Presiden akan menuju Gang Kampung Pesilat, Kelurahan Krajan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dari rumah ke rumah bagi masyarakat.

Pada siang harinya, Presiden diagendakan untuk memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Jawa Timur di Pendopo Ronggo Djoemeno, Kabupaten Madiun.

Adapun agenda terakhir dalam kunjungan kerja Presiden kali ini adalah mengunjungi pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac. Pada kesempatan yang sama, Presiden juga akan melakukan groundbreaking perluasan pabrik dan berdialog bersama para petani.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono meluruskan, pengecatan ulang Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sudah direncanakan sejak 2019.

“Dapat dijelaskan bahwa pengecatan pesawat ini telah direncanakan sejak 2019 serta diharapkan dapat memberikan kebanggaan bagi bangsa dan negara,” kata Heru di Jakarta, Selasa (3/8/2021).

Kata dia, sejatinya, pengecatan Pesawat BBJ 2 ini terkait dengan perayaan Hari Ulang Tahun ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia pada 2020.

Proses pengecatan sendiri merupakan pekerjaan satu paket dengan Heli Super Puma dan Pesawat RJ.

Pesawat RJ adalah pesawat Kepresidenan British Aerospace RJ 85 (BAe-RJ 85) atau biasa disebut RJ-85 yang biasa dipakai oleh wakil presiden untuk melakukan kunjungan kerja.

“Namun pada 2019, pesawat BBJ 2 belum memasuki jadwal perawatan rutin sehingga yang dilaksanakan pengecatan terlebih dahulu untuk Heli Super Puma dan pesawat RJ,” Katanya (*slm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker