BeritaDaerahNasionalOlahragaPariwisata

Lowongan Kerja di KEK Mandalika Butuh 50 Ribu Tenaga Kerja, Ini Rinciannya

Mataram, JaringPos | Pencari lowongan kerja ada kabar baik untuk Anda. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Lombok Tengah membutuhkan 50 ribu orang tenaga kerja.

“Lowongan kerja 50 ribu tenaga kerja itu diproyeksikan untuk pekerja di KEK Mandalika dalam 20 tahun ke depan,” dikutip Jaringpod.com, Jum’at (17/12/2021).


Untuk kebutuhan SDM hingga tahun 2039 sebesar 4 kali lipat dari penyerapan yang ada di kawasan Wisata Nusa Dua, Bali. Dengan begitu, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan di KEK Mandalika sebanyak 50 ribu orang.

“Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB, I Gde Putu Aryadi, jika jumlah penyerapan di Nusa Dua, Bali mencapai 12 ribu pekerja lebih, maka KEK Mandalika yang luasnya 4 kali lipat dari Bali bisa mencapai 50 ribu pekerja,” katanya.

Sedangkan proyeksi kebutuhan dalam jangka menengah mencapai sekitar 21 ribu pekerja. Ini belum bicara kebutuhan tenaga kerja di luar Kawasan Mandalika.

“Kalau tidak siapkan dari awal, maka akan ketinggalan momentum. Itulah pentingnya koordinasi dengan ITDC,” kata Putu Aryadi di situs resminya.

APV Site Operation The Mandalika, I Made Pari Wijaya menyebutkan bahwa seiring dengan pertumbuhan jumlah penginapan di KEK Mandalika, dalam jangka menengah membutuhkan sekitar 21 ribu tenaga kerja.

Dari 21 ribu orang tersebut, jika dirinci menurut jabatan, kata Pari Wijaya, maka jabatan atau skill yang paling banyak dibutuhkan adalah housekeeping sebanyak 17 persen. Kemudian security dan FB service masing-masing 16 persen, kitchen 15 persen, engineering 10 persen, dan front office 9 persen.

Ia sependapat bahwa SDM tersebut perlu dipersiapkan dari awal. Karena menurutnya mulai tanggal 11-13 Februari 2022 sudah ada event pra musim MotoGP.

Kemudian bulan Maret, ada Festival Pesona Bau Nyale, tanggal 18-20 Maret 2022, MotoGP Mandalika Round, bulan Agustus ada event HK Endurance Challenge Mandalika Series. Selanjutnya September 2022, ada Mandalika Ultra 100, tanggal 11-14 November 2022, event IATC, dan tanggal 19-21 November 2022 event World Superbike (WSBK).

“Untuk event MotoGP, penontonnya sekitar 75 ribu orang. Ini di dalam tribun, belum di luar tribun. Sehingga kami butuh tenaga kerja terlatih, keberadaan FKLPID ini akan membantu kami menyiapkan tenaga kerja terlatih dan terampil,” ujarnya.

Pari Wijaya menambahkan, berkaca dari event WSBK November 2021 kemarin, ada 4 aspek yang bisa mendapatkan dampak positif event tersebut, seperti, penginapan, kuliner, transportasi, dan marching design.

“Ada masukan dari pihak Dorna supaya karya masyarakat ada kombinasi, bukan hanya cetak aja, melainkan ada juga lukisan dan lain sebagainya,” tutur Pari.

Yang jelas, lanjut Pari Wijaya, ITDC siap berkolaborasi menyiapkan pekerja yang sesuai Sumber Daya Manusia dibutuhkan, dilengkapi keahlian. (*slm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker