DaerahNasionalPendidikanTeknologi

Tim Edu-Madani Melakukan Sosialisasi di MAN 2 Mataram


Mataram, JaringPos | Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berbagai peristiwa yang terjadi di belahan dunia kini telah dapat langsung diketahui dalam sekali klik.

Pengaruh globalisasi pun tidak bisa dinafikan keberadaannya. Ini bisa terlihat dengan banyaknya kemajuan dalam hal inovasi dan modifikasi teknologi. Maka tepatlah jika ungkapan pepatah ‘dunia tak selebar daun kelor’ berubah menjadi dunia selebar daun kelor.


Hal ini karena kita dapat melihat apa pun yang terjadi di berbagai negara di berbagai belahan dunia dalam hitungan detik, meskipun kita berada di rumah. Dunia terasa dekat dan sempit. Nyaris tanpa jarak. Dilihat Jaringpos.com dari man2mataram.net, Sabtu (16/10/2021).

Tentu kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang besar pada kehidupan umat manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu signifikan bagi guru dan siswa di madrasah atau lembaga pendidikan lainnya.

Dampak teknologi yang sedemikian masifnya pun menuntut lembaga pendidikan untuk berbenah dan berubah. Lembaga pendidikan juga dituntut untuk menyiapkan dan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai termasuk dengan kemudahan akses bagi guru dan siswa dalam melakukan interaksi belajar mengajar.

Baca Juga:

Untuk mengakomodir kebutuhan tersebut, Edu-Madani sebagai salah satu platform edu-learning diharapkan mampu meng-cover kebutuhan berbagai lembaga pendidikan, tak terkecuali MAN 2 Mataram.

Platform Edu-Madani menganut Edu-learning Managemen System, yakni: suatu sistem pembelajaran jarak jauh Cloud Base LMS (Learning Management System) untuk lembaga pendidikan dan perguruan tinggi. Sasaran edu-learning ini, jika diterapkan di madrasah adalah guru, siswa dan orang tua. Isinya berupa bahan ajar, sekolah content provider, digitalisasi bahan ajar, video, materi, tugas, tes, nilai sampai dengan analisis butir soal.

Edu-Madani juga menantang para praktisi dan akademisi di madrasah bahkan perguruan tinggi untuk memberikan kemudahan dalam melakukan tugas guru atau dosen dalam mengajar. Prinsip yang dikedepankan adalah bagaimana merasakan sensasi belajar yang lebih efektif dan interaktif. Bagaimana sesungguhnya dunia belajar berkolaborasi dengan teknologi.

Di samping itu, Edu-Madani memiliki prinsip efisiensi yakni sebuah platform e-learning guru yang dapat membuat dan membagikan materi e-learning untuk digunakan di kelas atau secara daring. Edu-learning punya konsep KWL (Know, Want, Learn).

Prinsip efisiensi bermakna bahwa edu-learning menyederhanakan tugas yang berulang dan membantu guru lebih fokus pada tugas utamanya, yakni mengajar. Pengelolaan pengajaran terbaik dan gratis. Edu-learning gratis untuk sekolah dan memenuhi standar keamanan yang tinggi.

Tim Edu-Madani melakukan sosialisasi di MAN 2 Mataram. Diterima di ruang rapat bersama jajaran Waka (Wakil Kepala Madrasah), Penjamin Mutu Akademik, Penjamin Mutu Kesiswaan, dan Penjamin Mutu Agama serta Perwakilan dari Pembina Laboratorium, Pengurus Kopsis dan KTU.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Kepala Madrasah yang diwakili oleh Waka Akademik Lalu Ahmad Fahruddin, M.Pd. Karena pada waktu yang bersamaan bapak Kepala Madrasah sedang dinas luar. Inti dari sambutan Waka Akademik yakni Madrasah merasa tersanjung bisa dikunjungi oleh Tim dan menyambut baik apa yang akan diberikan oleh Tim Edu-Madani nantinya.

Selanjutnya sharing atau success story dari Pendiri Edu-Madani Banusra (Bali Nusa Tenggara), Bapak Dr. Riduan Mas’ud yang sekaligus sebagai Pemerhati Ekosistem Digital. Menurutnya, karena sudah lama berkecimpung di ekosistem digital, otomatis track record dari Edu-Madani tidak diragukan lagi.

Pak Dr. Riduan bertutur jika jam terbang dari Tim sudah mencakup seluruh wilayah Indonesia. Bukan hanya di Kementerian Pendidikan, namun juga di Kementerian Agama dan Kementerian lainnya bahkan di perusahaan-perusahaan bonafid yang ada di tanah air. Fitur-fitur yang terdapat dalam Edu-Madani sangat bermanfaat dan membantu Perguruan tinggi, sekolah bahkan selama Covid-19 tim concern pada madrasah.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan secara rinci dari CEO PT. INFOKOM Bapak Eka Permana, M.Sc. Beliau juga merupakan Konsultan Ekosistem Pendidikan Digital.

Pak Eka mengungkapkan bahwa ada beberapa keuntungan menggunakan platform Edu-Madani, antara lain:
(1) Orang bisa bekerja di mana pun, kapan pun dan di perangkat apa pun. Dengan demikian, guru dan siswa dapat mengakses materi, tugas kelas dan masukan.
(2) Memberikan waktu lebih banyak untuk berinteraksi. Ini bermakna bahwa guru dapat memantau siswa dalam memberikan masukan dan kemajuan siswa, sehingga siswa pun dapat memperbaiki kesalahan kapan pun dikehendaki oleh guru.
(3) Edu-Madani memiliki alur kerja yang simpel, dan (4) Edu-lerarning dapat memberikan keunggulan bagi guru dalam memberikan masukan secara personal.

Lebih jauh pak Eka menjelaskan fitur-fitur yang tersedia pun sangat lengkap semisal management user, management grup user, management class, management section (sub-class), timeline, share materi, tugas, submit tugas, pemberian nilai sampai dengan notifikasi untuk guru dan siswa. Kesemuanya itu telah terintegrasi dengan edu-school atau edu-campus.

Terakhir implementasi atau praktek penggunaan aplikasi dilakukan oleh Pak Saca selaku Senior Manager PT Edu-Madani.Pada saat implementasi, semua hal yang dibutuhkan oleh madrasah atau lembaga pendidikan dalam rangka memudahkan kegiatan pembelajaran tersedia. Aplikasi juga mampu diakses dalam hitungan detik. No ngadat-no lelet.

Kegiatan berlangsung hangat, penuh keakraban dan interaktif. Hal ini terlihat dari antusiasme peserta rapat yang banyak melontarkan pertanyaan kepada Tim. Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan terjalin kerjasama antara MAN 2 Mataram dan Tim Edu-Madani. Sehingga akan terbentuk edu-madrasah (madrasah digital) yang memberikan kemudahan warganya dalam segala aspek.

Itung-itung sebagai persiapan madrasah menuju ISO (International Organization for Standardization) atau IOS, yakni organisasi internasional untuk standarisasi. Manfaatnya tentu saja untuk meningkatkan citra baik lembaga di masyarakat luas, peningkatan kualitas, daya saing dan etos kerja.

Pada akhirnya, kemajuan teknologi dan pengaruhnya dalam kehidupan adalah hal yang tak dapat kita hindari. Intinya teknologi membantu meringankan pekerjaan. Sehingga efektivitas dan efisiensi kerja bisa diraih. Karenanya, setiap orang dituntut untuk bisa dan cerdas menguasai teknologi.Tinggal kita memilih apakah mau menguasai teknologi ataukah hanya menjadi penonton saja. (*slm/Siti Rahmi-Humas M2M).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker