Daerah

Kominfo Sultra Gelar Bimtek Statistik Sektoral Dukung Pelaksanaan Satu Data Indonesia

Kendari, Jaring Pos – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sultra yang menggelar Bimtek Pengelolaan Data Statistik Sektoral pada Selasa (19/01/2021) memasuki hari kedua.

Kegiatan yang diikuti oleh 30-an perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov Sultra tersebut berlangsung di Hotel Fortune Front One dibuka sejak Senin (18/01/2021).


Kadis Kominfo Sultra Ridwan Badallah mengatakan bahwa bimtek ini dilaksanakan untuk memberi pemahaman dan keterampilan dasar mengenai pengelolaan data dalam rangka mewujudkan Satu Data Indonesia.

“Bimtek ini dilaksanakan untuk memberi pemahaman dan keterampilan dasar mengenai pengelolaan data dalam rangka mewujudkan Satu Data Indonesia dan kita bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dalam kegiatan ini,” ujar Ridwan.

Menurut Ridwan, Bimtek Pengelolaan Data Statistik Sektoral merupakan salah satu inisiasi dari kebijakan satu data di Sulawesi Tenggara agar lebih terintegrasi dengan harapan tidak terdapat lagi perbedaan dan tumpang tindih data statistik.

“Dimaksudkan agar tidak terdapat lagi perbedaan dan tumpang tindih data statistik, sehingga hanya ada satu referensi data yang menjadi pegangan dalam pembuatan kebijakan strategis,” jelas Ridwan.

Salah seorang narasumber Juneadi, dari BPS Sultra menuntun para peserta mengenai teknik-teknik melakukan survei dan menyajikan data secara komprehensif. Salah satu teknik penyajian data, yaitu dengan melengkapinya dalam bentuk metadata.

“Metadata memungkinkan data dapat terbaca dengan jelas, dan tidak adalagi berbagai macam interpretasi yang timbul dari sebuah data yang ditampilkan. Metadata memungkinkan semua proses, indikator, dan variabel-variabel penyusunan data menjadi bagian yang tak terpisahkan dari data itu sendiri,” jelas Juneadi.

Peserta pelatihan juga melaksanakan praktek cara menginput data-data statistik serta pengolahan data sesuai dengan tupoksi dari OPD masing-masing.(*ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker