BeritaDaerahNasionalOlahraga

PON XX Papua Tahun 2021 Resmi Ditutup, Wapres Apresiasi Sukses Penyelenggaraan di Bumi Cendrawasih


Jayapura, JaringPos | Mengawali rangkaian kerja di Jayapura, Wapres KH. Ma’ruf Amin bergegas menuju Stadion Lukas Enembe Kabupaten Jayapura Provinsi Papua untuk menutup Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021.

“Selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah dan masyarakat Papua atas penyelenggaraan PON XX yang sukses,” ucap Wapres. Dikutip Jaringpos.com dari wapresri.go.id, Jumat (15/10/21).


Acara dibuka pukul 19.00 dengan penampilan tarian dari Tanah Papua, dilanjutkan dengan kemunculan para atlet, judging official, dan relawan dari 37 cabang olahraga, serta arak-arakan defile dari 34 provinsi yang berlaga di PON XX Tahun 2021.

Menurut Wapres, penyelenggaraan PON XX Tahun 2021 di Tanah Papua yang berjalan dengan sukses menjadi catatan sejarah ajang olahraga nasional.

“Sejarah mencatat bahwa PON yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di Bumi Cendrawasih, Tanah Papua berlangsung dengan sukses,” tambahnya.

Baca Juga:

Lebih jauh, Wapres mengakui tidak mudah dalam menyelenggarakan PON XX Tahun 2021 di masa pandemi Covid-19, terlebih lokasi pelaksanaan yang tersebar di Jayapura, Mimika, dan Merauke, serta pembangunan infrastruktur yang sangat masif dilakukan dalam rangka menyambut ajang olahraga bergengsi ini.

“Bagi saya, ini merupakan PON tersulit yang bisa diselenggarakan. Dan warga Papua berhasil menyelenggarakan dengan sempurna,” kata Wapres.

Lebih jauh, kesuksesan pengelenggaraan PON XX Tahun 2021 diakui Wapres menjadi pembuktian diri bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kokoh dan mampu bersinergi dalam menyukseskan gelaran PON XX Tahun 2021.

“Kita membuktikan bahwa solidaritas, sportivitas, persatuan, dan kesatuan merupakan kunci kesuksesan bersama. Ini harus selalu kita jaga dan rawat bersama,” tutur Wapres.

Mengakhiri sambutannya, Wapres menutup rangkaian PON XX Tahun 2021 dan memberikan ucapan selamat kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi menyukseskan pagelaran ini.

“Terima kasih dan penghargaan tinggi secara khusus saya sampaikan kepada Gubernur Papua, Bapak Lukas Enembe, selaku Ketua Panitia Nasional PON XX Tahun 2021 atas keberhasilannya menyelenggarakan PON XX Tahun 2021 dengan baik, aman, dan penuh prestasi,” ujarnya.

“Dengan mengucap alhamdulillahirabbil’alamin puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka Pekan Olahraga Nasional Nasional (PON) XX Tahun 2021 secara resmi saya nyatakan ditutup,” pungkas Wapres.

Adapun juara umum PON XX 2021 diraih oleh Jawa Barat dengan perolehan medali 133 emas, 105 perak, dan 115 perunggu (total 353 medali).

Peringkat kedua diperoleh DKI Jakarta dengan 110 medali emas, 91 perak, dan 100 perunggu ( total 301 medali).

Kemudian, Jawa Timur berada pada peringkat ketiga dengan 110 emas, 89 perak, dan 88 perunggu (total 287 medali).

Sedangkan tuan rumah Papua berhasil meraih peringkat keempat dengan raihan medali 93 emas, 66 perak, dan 102 perunggu (total 261 medali).

Penutupan PON XX Tahun 2021 ditandai dengan pengembalian bendera PON dari Gubernur Papua Lukas Enembe kepada Ketua KONI Pusat, yang diserahkan kepada Provinsi Aceh sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON XXI Tahun 2024.

Acara dilanjutkan dengan hiburan seni tari pertunjukkan dari tuan rumah PON XXI Aceh dan Sumatra Utara. Selain itu, acara turut dimeriahkan pula oleh pertunjukkan musik dari penyanyi lokal dan nasional.

Turut hadir bersama Wapres, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, serta Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. (*slm/DAS/RJP- BPMI Setwapres)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker