BeritaDaerah

Usir Corona, Penjabat Desa Wae-Wako Pimpin Warga Semprot Disinfektan


Labuan Bajo, jaringpos _ Untuk mendukung program pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus Corona, Desa Wae-Wako, Kecamatan Lembor Kabupaten Manggarai Barat, Folres NTT  melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga, fasilitas umum, dan tempat ibadah seperti, Gereja dan Masjid Al-Hidayah Laci. Penyemprotan tersebut dipimpin langsung oleh Penjabat Desa Wae-Wako, Safrudin Jamat. Kamis (16/4/2020),  pukul 09 : 05 wita.

Safrudin mengatakan dalam penyemprotan ini, Ia tidak sendirian tetapi ditemani oleh ketua BPD Sumarto Hardin, anggota Koramil 1612-06/ Lembor, Clementhe Pintho, Anggota Polsek Lembor Pol Menzen dan juga petugas dari Puskesdes.


Rencananya kata Dia, penyemprotan disinfektan untuk empat anak kampung akan dilakukan dua hari. Hari pertama dilaksanakan di kampung Laci, kampung Pampa dan Persawahan Tado Bara. Sedangkan, hari kedua dilaksanakan esok hari yaitu kampung Lunti dan sekitarnya.

“Melalui upaya ini kita berharap penyebaran covid-19 ini tidak sampai ke Desa kita. Baik warga desa yang sudah lama menetap maupun warga yang baru tiba dari luar daerah. Semoga saja kita semua dapat tercegah dari wabah yang sudah mendunia ini ,”ucap Safrudin.covid desa 1-JaringPos

Terkait dengan penanganan warga yang baru tiba dari rantaun, pihaknya sudah mendata dan mengarahkan mereka untuk mengecek kesehatan di Puskesmas Wae Nakeng.

Baca Juga:

“Untuk sementara ini yang sudah dilaporkan ke kecamatan hampir 40 orang. Kita sedang  menunggu arahan Bupati melalui Surat Keputusan (SK) terkait pendanaan bagi yang  Karantina. Jika Payung hukumnya sudah jelas, maka tindakan selanjutnya adalah perubahan APBDes tahun 2020,” jelas Safrudin.

Selain itu, Safrudin  mengimbau seluruh masyarakat agar ikut berperan aktif dalam penjegahan ini. Menurutnya, peran masyarakat sangatlah penting dalam pencegahan penyebaran virus Corona ini.

“Kita juga berharap kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri sendiri yaitu dengan rutin mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, jaga jarak atau dikenal dengan Social Distancing,” katanya.

Upaya pencegahan Pemedes Wae-Wako sepertinya mendapat respon postif dari warga setempat. Salah satunya adalah Vinsensius Syukur. Ia mengatakan sikap pemerintah desa sangat tepat.

Menurutnya, sikap proaktif yang dilakukan oleh pemerintah desa Wae-Wako adalah salah satu bentuk kegiatan kemanusiaan.

” Saya sangat mendukung langkah ini. Karena menyelamatkan manusia dari wabah penyakit. Tentunya saya berharap badai Corona ini harus berakhir,” pungkas Vinsen dengan penuh harap.(07/yb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker