Berita

Cegah Virus Corona, Kades Pocodedeng Pimpin Warga Semprot Disinfektan


Labuan Bajo, Jaringpos. Com – Guna melawan penyebaran virus Corona yang semakin meluas,   Pemerintah Desa (Pemdes) Pocodedeng Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat Flores NTT, bersinergi dengan Aparat TNI dan Polri serta tokoh masyarakat melakukan penyemprotan disinfektan di tempat fasilitas umum dan rumah-rumah warga, Rabu, (15/04/2020 siang.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi dan upaya pencegahan penyebaran virus tersebut.


Sebelum kegiatan penyemprotan disinfektan dimulai, Kepala Desa Pocodedeng, Donatus Sidi didampingi Babinsa dan Babinkamtibmas mengimbau kepada seluruh warganya untuk ke luar rumah selama 20 menit hingga penyemprotan itu selesai. Penyemprotan tersebut menggunakan 4 unit tangki semprot dan cairan disinfektan. Selain rumah warga, Kapela dan Masjid, petugas juga menyemprot balai desa hingga ruang-ruang kelas SDI Pocodedeng.covid1913-JaringPos

Kepala desa Pocodedeng saat di hadapan media ini mengatakan, pada dasarnya penyemprotan disinfektan untuk fasilitas umum dan rumah-rumah warga mengacu pada prinsip “Siapkan payung sebelum hujan”. Karena itu, langkah antisipatif dan partisipasi paling urgen hingga virus ini dapat dicegah.

“Kami tak ingin terlambat dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19”, ujar Kades Don.

Baca Juga:

Pada kesempatan itu, Don yang didampingi Babinsa Pinto dan Kamtibmas Menzen, juga memberikan imbauan kepada seluruh lapisan masyarakat Pocodedeng yang dilakukan di sepanjang permukiman warga. Khusus yang baru tiba Kamtibmas Menzen mengarahkan mereka untuk segera mengecek kesehatan di Puskesmas terdekat. Selain itu kata Menzen, Covid 19 ini perlu diwaspadai bersama dengan cara menaati segala aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

“Adapun peraturan tersebut diantaranya, dilarang untuk berkumpul yang menghadirkan orang banyak, mampu menjaga jarak dengan siapa saja,” pinta  Menzen di hadapan warga.

Dirinya meminta masyarakat Pocodedeng untuk mendukung segala kegiatan atau imbauan dari Pemerintah Desa dalam menangkal virus yang mematikan itu.

“Karena untuk melawan virus Corona dengan tindakan, jangan dengan kepanikan,” katanya.covid12345-JaringPos

Sementara itu, Babinsa Pinto Anggota Koramil Kecamatan Lembor mengatakan, imbauan pemerintah perlu ditaati oleh semua kalangan. Mulai dari Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Daerah dalam pencegahan penularan virus Corona, yakni mengurangi kegiatan berkumpul di luar rumah.

“Mari kita bersama-sama mencegah penularan virus Corona ini. Mudah-mudahan masyarakat desan ini  bisa mengurangi aktivitas di luar rumah dulu,” ajak Pintho.

Selain menyemprot cairan disinfektan, Kades Don juga mendata seluruh masyarakat yang baru tiba dari luar daerah, kemudian mengajak mereka untuk mengisolasi diri dan mengecek kesehatan di Puskesmas terdekat.

“Kita sudah mendapat informasi dan mendata  warga yang baru tiba sebanyak sembilan (9) orang. Empat diantaranya mahasiswa, sedangkan 5 orang diantaranya wiraswasta, tutup Kades Don.

Ia berharap kepada masyarakat untuk satukan prinsip ‘lawan Corrona’ dengan mematuhi perintah dan larangan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.(07/yb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker