Olahraga

Turnamen Golf Piala Gubernur Bali Kembali Digelar, Muntra Harap Bisa Jadi Ajang Internasional

NUSA DUA, JaringPos – Sejarah diukir Pengurus Provinsi Persatuan Golf Indonesia (PGI) Provinsi Bali di awal tahun 2022. Terakhir digelar 2006 silam atau setelah puasa selama 16 tahun, Turnamen Golf Piala Gubernur Bali kembali digelar 11-15 Januari 2022. Prestasi ini disampaikan Ketua Pengprov PGI Bali, I Wayan Muntra dalam acara penutupan Turnamen Golf Piala Gubernur Bali 2022 di Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali. Hebatnya, turnamen yang diikuti oleh 600 pegolf ini tercatat secara resmi dalam world ranking amatir dunia.

“Bapak Gubernur Bali, Wayan Koster, mentor kami, terima kasih sudah mensupport all out. Jamuan makan malam rangkaian turnamen Piala Gubernur 2022 Ini merupakan undangan khusus dari Bapak Gubernur Bali untuk kita semua. Bapak Gubernur pimpinan kami yang luar biasa,” ucap I Wayan Muntra sembari menyapa sejumlah undangan atau yang mewakili, di antaranya Kapolda Bali, Pangdam IX/Udayana, Bupati Jembrana I Nengah Tamba, dan lain-lain.

Pelaksanaan Turnamen Golf Piala Gubernur Bali 2022 terang Muntra tidak akan bisa terlaksana jika Pemprov Bali tidak meraih penghargaan dalam penanganan pandemi Covid-19. Oleh karena itu, mewakili Pengprov PGI Bali ia mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Bali Wayan Koster yang hadir langsung di lokasi acara. “Kegiatan awal turnamen ini atas petunjuk Bapak Gubernur. Kami memberanikan diri bertemu. Kami jelaskan bahwa kegiatan ini murni dalam rangka ikut membantu Pemprov Bali membangkitkan pariwisata agar roda ekonomi kembali bangkit di masa pandemi,” bebernya.


Muntra menggarisbawahi bahwa golf merupakan salah satu olahraga yang menjadi faktor pendukung pariwisata.

“Pesan Beliau (Wayan Koster, red) turnamen tetap dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. Kami berpikir di tengah kondisi pandemi di Bali, masalah anggaran menjadi kendala. Akhirnya, kami bersurat kepada instansi swasta, BUMN, dan sejumlah pengusaha agar kegiatan ini terwujud. Berkat dukungan Bapak Gubernur Bali Wayan Koster cita-cita ini pun menjadi nyata. Pengprov PGI Bali mampu menggelar Turnamen Golf Piala Gubernur mulai 11 hingga 15 Januari 2022. Terima kasih kepada seluruh sponsor yang mensupport turnamen ini” jelas Muntra.

Turnamen Golf Piala Gubernur Bali tahun 2022 rincinya terdiri atas 2 kategori, yakni kategori junior yang digelar 11,12, dan 13 Januari 2022 dan kategori amatir yang digelar 14 dan 15 Januari 2022. Tidak kurang dari 600 pegolf berpartisipasi dan menariknya 80 persen berasal dari luar Provinsi Bali.

“600 peserta. Bali luar biasa dan tetap menjadi pioneer dengan daya tarik tersendiri. Kami laporkan 80 persen pegolf berasal dari luar daerah Bali. Turnamen ini juga tercatat secara resmi dalam worl ranking amatir dunia. Ini penting karena menjadi tonggak kegiatan PGI ke depan menyongsong turnamen bertaraf regional dan internasional,” tandas tokoh inspiratif asal Desa Sawangan, Nusa Dua itu.

Sekali lagi, Muntra menegaskan bahwa turnamen golf bisa membantu program pemerintah membangkitkan pariwisata Bali. Oleh sebab itu, ia berharap kegiatan Piala Gubernur bisa digelar secara berkala minimal setahun sekali. “Terakhir Bali menggelar Piala Gubernur pada tahun 2006. Dengan terselenggaranya Piala Gubernur kembali di tahun 2022, tentu ini menjadi hal yang luar biasa. Kami berharap bisa melanjutkan kembali program. Kami juga berharap Bapak Gubernur Bali Wayan Koster bisa terpilih 2 periode. Ini bukan kampanye. Ini harapan kami semua,” tegas Muntra.

Di akhir sambutannya, Muntra menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, khususnya kepada para peserta turnamen jika ada sesuatu yang kurang berkenan dalam pelaksanaan kegiatan. “Untuk itu, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga Pengprov PGI Bali ke depan bisa mengemban amanat,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panita Turnamen Golf Gubernur Bali 2022, Ketut Alit Anom menegaskan multiplayer effect terjadi sepanjang 6 hari kegiatan lomba. Pasalnya, peserta turnamen dominan berasal dari luar Bali. “UMKM tentu bergerak. Semoga ke depan Bapak Gubernur selalu memberi dukungan sebab kegiatan ini memberikan efek nyata bagi masyarakat Bali. Hasil peroleh turnamen ini juga akan digunakan untuk kegiatan sosial di masa sulit akibat pandemi Covid-19,” tegasnya. (bp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker