Berita

Gusti Dula Hadiri Acara Wuat Wa’i Bacabup Maria Geong di Desa Ranggu

Labuan Bajo- Bupati Manggarai Barat (Mabar) Drs.Agustinus Ch Dula hadiri acara Wuat Wa’i Bakal Calon Bupati dari Paket Misi Maria Geong di rumah gendang Ranggu, Desa Ranggu, Kecamatan Kuwus Barat, Mabar pada Minggu (12/07/2020) Sore.

Mengenakan semi jas blazer Coklat Tua dan Destar Batik, Bupati Dula diterima secara adat di pintu masuk rumah gendang Ranggu. Penjemputan secara adat tersebut dilakukan, setelah tim kesehatan Desa setempat melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan pengenaan masker, sesuai standard protokol Covid-19.

Pantauan media ini, nampak antusiasme para tetua adat desa Ranggu mengenakan  pakaian khas Budaya Manggarai  menyambut Bupati Dula didampingi Wakil Bupati Mabar saat ini, yang bakal maju dalam kontestasi pilkada Mabar pada Desember mendatang.

Pengalungan selendang Songke oleh perwakilan warga Ranggu Nova dan penyerahan sebuah Robo atau tuak curu oleh Hilarius Ngaru mewarnai acara penjemputan itu.

Reweng dami te kapu agu naka ite Ema dami Bupati,” tutur tua adat Hilarius Ngaru dan Silvester Sinir mewakili para tetua adat lainnya saat Bupati Dula tiba di pintu masuk rumah Gendang Ranggu.

Tuak curu dan manuk kapu dalam tradisi masyarakat Manggarai merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan untuk para tamu yang dengan ketulusan dan kebesarannya mau bertemu dan hidup bersama dengan masyarakat setempat.


Sebelum beranjak menuju rumah gendang, orang nomor satu di Mabar itu menjelaskan  ritus adat merupakan simbol kebahagiaan serta menggambarkan kepolosan hati dari semua masyarakat Manggarai Barat.

‘’Di dalam Kendi itu ada Aren atau Enau, berwarna putih, begitu juga Ayam warnanya putih melambangkan hati yang bersih dan putih”, terang Bupati Dula.

Usai acara penyambutan Bupati Dula bersama tetua adat dan diikuti warga serta tamu undangan lainnya menuju rumah gendang guna mengikuti berbagai rangkaian acara ritual adat. (07/yb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker