Berita

Berita Gembira, RSUD Komodo Mendapat Bantuan Cartridge TCM Covid-19 Dari Menkes

Labuan Bajo, Jaringpos.com _ Berita gembira untuk masyarakat Manggarai Barat yang mana Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, barusan mendapatkan bantuan cartridge TCM dari Kementerian Kesehatan RI yang disalurkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi NTT dan Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 NTT.

Informasi yang diterima pada hari Sabtu, 13 Juni 2020 cartridge tersebut akan dikirimkan dengan menggunakan Pasawat Charter kepada tiga Rumah Sakit Rujukan yakni RSUD Komodo, RSUD Ende dan RS Umbu Rara Meha Sumba Timur.

Adapun Gambaran singkat mengenai TCM PCR sebagai berikut:

Pemeriksaan TCM PCR adalah Pemeriksaaan Tes Cepat Molekuler yang digunakan untuk mengetahui adanya Antigen/Zat Bakteri atau Virus pada pasien (Saat ini digunakan untuk mendeteksi penyakit TBC dan Covid-19) serta dapat digunakan untuk pemeriksaan SWAB.

RSUD Komodo telah memiliki Alat Tes Cepat Molekuler (TCM) yang merupakan bantuan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk Program Tuberculosis (TBC) Resistensi Obat yang sudah dioperasikan oleh RSUD Komodo sejak Tahun 2017. Saat ini RSUD Komodo tengah mempersiapkan Lab Rumah Sakit Pratama yang sudah ada untuk dilengkapi dengan BSC (Bio Safety Cabinet) untuk kelengkapan penggunaan alat TCM.

TCM dapat beroperasi untuk 90 sample setiap harinya sehingga membutuhkan tenaga analis baik yang sudah ada pada RSUD Komodo (11 Orang) maupun relawan yang akan direkrut nantinya. Dalam praktik ke depan pengoperasian dan penggunaan Lab TCM tersebut akan diatur dengan menggunakan system shift untuk melakukan tes Lab TCM dan menurut rencana tenaga analis tersebut akan diberi pelatihan tambahan oleh Dokter Patologi Klinik melalui Daring/Online dari Kupang.


Karena keterbatasan cartridge tersebut, maka penggunaan alat TCM untuk pemeriksaan SWAB akan lebih diutamakan kepada pasien-pasien reaktif yang menimbulkan gejala covid-19 di Manggarai Raya. Sedangkan, untuk pengambilan SWAB lainnya akan tetap dikirimkan ke Laboratorium Molekuler di RS Prof. dr. W.Z. Yohanes di Kupang.

Kedepan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat akan berupaya untuk membangun Lab Bio Molekuler PCR pada RSUD Komodo mengingat dengan diberlakukannya New Normal, Labuan Bajo akan menjadi Pintu masuk pariwisata oleh banyak orang sehingga membutuhkan kesiapan sarana dan prasaran yang cukup untuk penanganan Virus Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat.

Dalam kesempatan ini Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat mengucapkan terima kasih yang berlimpah kepada semua pihak; Khususnya Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur beserta jajarannya, Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat beserta Tim Survailence, Tim Medis RSUD Komodo, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tingkat Kabupaten Manggarai Barat, serta Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang telah berkerjasama dengan segala keterbatasan untuk melakukan segala kegiatan dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat, Hal ini disampaikan Florianus Riyan Gampar wakil ketua Tim Media center covid 19 Mabar. (07/Yb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker