Ekonomi

MUSDA XIII AKLI Bali, Dukung Peluncuran Aplikasi SI UJANG GATRIK Permudah Masyarakat Amparah Listrik

“Jika masyarakat atau institusi ingin mengajukan permohonan pasang Instalasi Listrik, maka masyarakat cukup membuat akun pada Aplikasi SI UJANG GATRIK, selanjutnya pada Aplikasi tersebut masyarakat dapat memilih Kontraktor Listrik yang memiliki Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jenis Pembangunan dan Pemasangan (BANGSANG) khusus Intalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (IPTL), untuk mengerjakan Instalasinya, dan selanjutnya akan diberikan NIDI yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (DJK),” jelasnya.

Ia jiga menambahkan, jika masyarakat/institusi sudah terlanjur memasang instalasi listriknya, maka masyarakat tetap dapat mengajukan NIDI melalui Kontraktor Listrik dengan meminta kepada Kontraktor untuk melakukan Supervisi atas Instalasi Listrik yang telah terpasang, dengan harapan, Instalasi yang terpasang sudah memenuhi standar kelaikan untuk dialiri Tenaga Listrik dari PLN. Atas pekerjaan Supervisi tersebut masyarakat hanya membayar Jasa Supervisi kepada Kontraktor Listrik dan pihak Kontraktor wajib melanjutkan proses NIDI.


Selanjutnya NIDI yang telah terbit dipakai untuk memohon proses Sertifikat Laik Operasi (SLO) ke Lembaga Inspeksi Teknik (LIT) yang terdaftar pada Aplikasi SI UJANG GATRIK. Pihak LIT akan menindak lanjuti dengan melakukan pengujian Instalasi yang telah terpasang, dan jika hasilnya dinyatakan Tidak Laik Operasi (TLO) maka pihak Kontraktor Listrik wajib memperbaiki kesalahan material atau cara pemasangannya. Dan jika Laik Operasi maka pihak LIT menerbitkan SLO. Dengan SLO tersebut, maka permohonan Tenaga Listrik dapat dilayani oleh PLN.

Keunggulan Aplikasi SI UJANG GATRIK ini adalah mempercepat proses, dan material serta pengerjaannya lebih akurat serta Instalasi milik masyarakat terdata secara lengkap (memiliki NIDI) pada database Kementerian ESDM cq. Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (DJK), sehingga jika terjadi sesuatu atas instalasi maka dapat dilacak kembali, siapa yang memasang Instalasinya, siapa yang memeriksa Instalasinya dan bagaimana gambarnya serta material standar apa yang terpasang pada Instalasinya. Data tersebutlah yang dipakai jika terjadi kebakaran atau untuk kepentingan investigasi lainnya.

Pada Aplikasi SI UJANG GATRIK juga tersedia menu layanan masyarakat yang ingin berusaha di bidang usaha jasa penunjang ketenagalistrikan.
Aplikasi smart ini telah diluncurkan sejak tanggal 17 Januari 2022 dan terus mengalami penyempurnaan sehingga masyarakat makin mudah mendapatkan Listrik yang Aman, Andal dan Ramah Lingkungan.

Laman sebelumnya 1 2 3Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker