Berita

Mahasiswa KKN Tematik UNRAM Pasang Rambu Evakuasi Dan Tanam Bibit Pohon di Desa Sekotong Tengah

Mataram, JaringPos | Sebagai upaya mitigasi terhadap bencana yang sering melanda wilayah pesisir Indonesia. KKN Unram dengan tema Destana melakukan pemasangan rambu evakuasi di beberapa titik, tepatnya di Desa Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Selasa (1/2/2022) kemarin.

Desa Sekotong Tengah merupakan wilayah yang rawan terjadi bencana alam terutama banjir dan longsor. hal ini dapat disebabkan akibat tingginya curah hujan dan kurangnya daerah resapan air. Bencana alam juga tak luput akan memakan korban jiwa, dengan pemasangan rambu-rambu evakuasi mampu menimalisir terjadinya korban.

Pemasangan rambu juga diresmikan oleh kepala desa Sekotong Tengah, Lalu Sarappudin. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ibu Aisyah Odist selaku narasumber dalam sosialisasi mitigasi bencana dan Bapak Muhamad Rasid selaku sekertaris desa , Karang Taruna dan Forum Anak Desa.


Dalam sambutannya, Lalu Sarappudin terkesan dengan adanya pemasangan rambu evakuasi

“Terimakasih kepada rekan-rekan KKN Tematik Unram atas partisipasinya dalam pembuatan rambu evakuasi di Desa Sekotong Tengah. Dengan penempatan rambu di tempat-tempat yang strategis yakni di pemukiman masyarakat sehingga jalur yang telah dibuat akan menentukan jalan yang secara sistematis apabila terjadi bencana maka masyarakat haruslah melewati jalan tersebut dan mengikuti arahan yang telah ada”. ucapnya

Sebelumnya, Mahasiswa KKN juga telah melakukan penanaman 300 bibit di daerah dataran tinggi di sepanjang jalan Dusun Telor Jago hingga Dusun Lebah Suren. Warga setempat juga mendapatkan sekitar 200 bibit untuk ditanam di pekarangan rumah masing-masing. Adapun 8 jenis bibit yang di tanam seperti bibit mahoni, gaharu, sawo, nangka, sirsak, jambu kristal, durian, kepundung dan ceruring. Penanaman ini dilakukan sebagai upaya dalam pengurangan risiko bencana, khususnya tanah longsor.

Penanaman ini juga dihadiri oleh Kepala Desa Sekotong Tengah, BPD, Kadus-kadus, LPM, KNPI Sekotong, Lembaga SIBAT, Karang Taruna, Forum Anak Desa, Relawan Destana Sekotong Tengah dan Mahasiswa KKN Unram Pariwisata.

Mahasiswa KKN Tematik Unram Tanam Bibit Pohon di Desa Sekotong Tengah-JaringPos
Mahasiswa KKN Tematik Unram Tanam Bibit Pohon di Desa Sekotong Tengah

Aksi ini tentunya mendapat sorotan dari masyarakat Desa Sekotong Tengah. Ketua BPD, Bapak Samiin, menyampaikan rasa terima kepada mahasiswa KKN unram atas terlaksananya penanaman bibit di lingkungan Sekotong Tengah yang belum tersentuh oleh pemerintah.

“Sebagai ketua BPD, saya sangat berterima kasih atas program kerja mahasiswa KKN Unram yakni penghijauan atau penanaman bibit di daerah Dusun Telor Jago hingga Dusun Lebah Suren yang sejauh ini belum tersentuh oleh pemerintah, selain itu dengan adanya penanaman bibit ini di harapkan menjadi pencegah tanah longsor”, ucapnya

Sementara itu, Ferdy Firmansyah selaku ketua KKN Tematik Unram Destana bersama anggota lainnya terus merealisasikan program kerjanya baik program kerja utama dan tambahan. Ia juga menyampaikan rasa terima kasih atas antusias masyarakat Desa Sekotong Tengah yang telah menerima kehadiran mahasiswa KKN dengan baik sehingga terlaksananya program kerja tersebut.

“Alhamdulillah, segala program kerja yang telah kami rencanakan sebelumnya berjalan dengan lancar. Kesuksesan ini tentunya di dukung oleh pemerintah desa sekotong tengah berserta lembaga-lembaga dan masyarakat yang telah berpartisipasi dalam menjadikan desa sekotong tengah menjadi desa tangguh bencana”. Ucapnya

“Semoga kegiatan yang kami lakukan bersama dapat bermanfaat dan memiliki dampak positif pada Desa Sekotong Tengah.” harapnya. (*cakra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker