Nasional

Pantas Saja Jokowi Murka: Subsidi Pupuk Naik, Tapi Produksi Jeblok

Jakarta, JaringPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) lagi-lagi menunjukkan kejengkelan. Kali ini Kepala Negara menyoroti soal produktivitas pangan yang tidak sebanding dengan ‘pengorbanan’ yang diberikan pemerintah.

“Saya jadi ingat soal pupuk. Berapa puluh tahun kita subsidi pupuk? Setahun berapa subsidi pupuk? Rp 33 triliun seingat saya. Return-nya apa? Apakah produksi melompat naik? Saya tanya kembaliannya apa? Kalau tiap tahun kita keluarkan subsidi pupuk sebesar itu kemudian tidak ada lompatan di sisi produksi, ada yang salah,” tegas Jokowi.

Jokowi berhak marah. Selama masa pemerintahannya pada periode pertama (2015-2019), rata-rata anggaran subsidi pupuk mencapai Rp 31,74 triliun. Setiap tahun rerata kenaikannya mencapai 12,48%.

Dengan subsidi sebesar itu, apakah produksi pangan sudah naik seperti keinginan Jokowi (dan seluruh rakyat Indonesia)? Ternyata tidak…

Selama 2015-2019, data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan rata-rata produksi padi per tahun adalah 69,94 juta ton. Laju pertumbuhan per tahunnya adalah -4,18%. Pantas Jokowi gusar, wong subsidi pupuk bertambah tetapi produksi malah turun…


1 2 3Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker