BeritaDaerahNasionalPendidikan

Peringati Hari Pahlawan, Ribuan Santri di Lombok Timur Bersholawat


Lombok Timur, JaringPos | Ribuan Santri Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) melantunkan sholawat untuk memperingati hari pahlawan nasional, Selasa malam (9/11/2021).

Mereka khusuk melantunkan sholawat dan lagu perjuangan Pahlawan Nasional asal NTB yaitu TGKH. M. Zainuddin Abdul Majid yang juga pendiri organisasi Nahdlatul Wathan (NW). Dikutip Jaringpos.com dari iNews.id, Rabu (10/11/2021).


Sekjen PBNW Prof TGH Fahrurrozi Dahlan mengatakan, NW merupakan organisasi yang bergerak dalam trilogi perjuangan, pendidikan, sosial dan dakwah. Semua itu selalu didasari atas gerakan spritualitas yaitu ikhlas dan istiqomah.

“Gerakan spritualitas itu berangkat dari Hizib Nahdlatul Wathan. Hizib ini menggambarkan kumpulan-kumpulan doa keselamatan dunia dan akhirat,” kata Fahrurrozi.

Maka, lanjut dia, simbolisasi itu diintruksikan dan dielaborasikan oleh Maulana Syaikh dalam bentuk shalawat yang selalu kita bacakan di berbagai kegiatan.

Baca Juga:

“Dan itu juga termaktuf dalam wasiat renungan masa,” katanya.

Pria yang menjabat sebagai direktur Pasca Sarjana UIN Mataram ini juga mengajak agar seluruh komponen bangsa dan para generasi muda bisa meneladani nilai-nilai kepahlawanan dari TGKH Zainuddin Abdul Majid. Mulai dari perjuangan dalam kemerdekaan maupun kegigihannya dalam merekatkan nilai kebangsaan melalui kegiatan sosial, pendidikan dan dakwah.

Sementara itu, Bupati Lotim M. Sukiman Azmy menyampaikan masyarakat NTB khususnya jamaah NW patut berbangga karena Maulana Syaikh TGKH Zainuddin Abdul Majid satunya – satunya tokoh NTB yang telah menyandang gelar pahlawan nasional.

“Tidak ada seorang di negara ini yang bisa meragukan gelar pahlawan Maulana Syaikh,” kata dia.

Kegiatan yang berlangsung berlangsung secara offline dan online ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat. Semua santri yang hadir diharuskan menggunakan masker. (*slm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker