Berita

Anggota DPR Prihatin Atas Kejadian Kebakaran Lapas Tangerang


Tangerang, JaringPos | Kebakaran terjadi di Lapas Kelas 1 Tangerang, Banten telah merenggut nyawa banyak penghuni lapas. Atas insiden tersebut, anggota Komisi III DPR RI Heru Widodo menyampaikan keprihatinannya atas kejadian tersebut.

“Kita tentu prihatin dan menyampaikan duka terhadap korban yang meninggal. Terhadap korban yang luka-luka, saya harap, mereka harus mendapatkan perawatan yang memadai,” ujar Heru yang juga anggota Fraksi PKB, Rabu (08/09/21).


Heru menegaskan, korban penghuni lapas baik yang meninggal dunia maupun luka-luka akibat kebakaran juga merupakan warga negara. Sisi kemanusiaan harus dikedepankan sebagai bagian pelaksanaan pemasyarakatan.

“Mereka penghuni lapas tentunya adalah bagian dari keluarga yang tengah ditinggalkan sementara. Maka wajib bagi kita melihat sisi kemanusiaan serta mendudukkan persoalan ini pada pertanggungjawaban secara menyeluruh,” Ucapnya

Meski demikian, Heru menegaskan, insiden kebakaran di lapas ini telah menelan korban. Maka hal yang patut diperhatikan dalam persoalan ini adalah bagaimana sistem preventif terhadap segala macam hal terduga.

Baca Juga:

“Bila itu terjadi seperti kebakaran tadi malam, bagaimana sistem penanganan cepat pengendalian? Dan Bagaimana sistem evakuasi kebakaran?”.

“Apapun penyebab kebakaran tersebut harus diselediki secara komprehensif. Termasuk kalapas di lembaga tersebut juga harus dievaluasi,” pungkas Heru yang juga anggota Fraksi PKB.

Seperti diketahui, 41 orang meninggal dunia dalam kebakaran yang terjadi di Blok C, Lapas Kelas I Tangerang. Sementara itu, delapan orang mengalami luka berat dan sembilan orang mengalami luka ringan. Kebakaran diketahui terjadi sekitar pukul 2.30 dini hari. Katanya (*slm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker