Daerah

Klarifikasi Satgas, Beredar Foto Gubernur NTB Dinilai Melanggar Prokes


Mataram, JaringPos Gubernur NTB Zulkieflimansyah disorot netizen lantaran menggunggah foto dirinya tak menerapkan protokol kesehatan (prokes), yakni memakai masker saat menemui warga. Foto itu dia unggah di akun Instagram resminya.

Tim Satgas penanganan COVID-19 Provinsi NTB lantas memberikan klarifikasi. Satgas mengatakan foto yang diunggah oleh Zulkieflimansyah merupakan kegiatan kunjungan di area zona hijau COVID-19.


“Itu kan kunjungan ke Bima, karena saat itu Bima kondisinya zona hijau, jadi tidak ada masalah gubernur hadirin acara di sana,” jelas anggota Humas Satgas COVID-19 Provinsi NTB, Najamuddin, saat dihubungi detikcom pada Kamis (8/7/2021).

Satgas mengaku Zulkieflimansyah tak menerapkan disiplin memakai masker saat bicara, makan, dan minum kopi. Namun Satgas menyebut Zulkieflimasyah selalu berusaha disiplin prokes.

Gubernur NTB Zulkielimansyah kunjungi warga tanpa pakai maskerGubernur NTB Zulkieflimansyah mengunjungi warga tanpa memakai masker. (Foto: Tangkapan layar Instagram resmi Gubernur NTB, Zulkieflimansyah)

Baca Juga:

“Tapi memang pada saat bicara beliau tidak memakai masker, kalau di tempat makan dan kopi tentu beliau buka masker. Memang kita mengantisipasi, gubernur selalu berusaha patuhi prokes. Tetapi masyarakat sudah diimbau untuk prokes, tapi (masyarakat mendekat) karena masyarakat senang kampungnya dikunjungi gubernur,” ujarnya.

Satgas menegaskan Zulkieflimansyah tak sengaja membuat kegiatan yang menimbulkan kerumunan. Kerumunan warga yang mendekatinya disebut sebagai spontanitas.

“Tidak ada kesengajaan gubernur membuat kerumunan, tidak ada kesengajaan gubernur melanggar prokes. Tapi semata-mata masyarakat kita spontan seperti itu,” sambung Najamuddin.

Najamuddin menuturkan foto yang beredar menjadi sorotan publik tersebut ketika mengunjungi Bima dan Kabupaten Dompu. Kedua wilayah tersebut merupakan wilayah yang masuk zona aman COVID-19.

“Alhamdulillah sampai saat ini, Bima dan Dompu terkendali, baik sebelum dikunjungi dan sesudah dikunjungi. Jadi mereka dalam kondisi zona yang cukup aman untuk melaksanakan kegiatan yang mungkin sangat dibutuhkan kehadiran pemimpin (gubernur),” tuturnya.

Najamuddin kemudian mengatakan apa yang dilakukan Zulkieflimansyah adalah salah satu wujud pelayanan ke masyarakat. Dia menegaskan kehadiran Zulkieflimansyah, yang ditangkap kamera tak menggunakan masker, semata-mata untuk menunjukkan gubernur hadir di tengah masyarakat.

“Pada saat kita mengimbau kepada masyarakat, pemimpin tidak boleh diam di tempat. Nggak mungkin kita bilang Pak Gubernur diam di rumah saja. Sementara masyarakat kita butuh dikunjungi dan dilayani. Tetap gubernur menyampaikan supaya prokes, tapi kita melihat juga zona aman di mana. Alhamdulillah sejauh ini, kita zona hijau, zona oranye, dan zona kuning,” ucapnya.

“Jadi tidak ada niat kesengajaan seperti sorotan publik. Gubernur melaksanakan tugas di tengah masyarakat, hadir di masyarakat untuk memberikan pelayanan. Dan nggak boleh diam, masa diam ditempat saja nggak boleh berkunjung,” tutupnya.

Foto-foto Zulkieflimansyah tak bermasker diunggah sendiri di akun Instagram resminya. Ada dua unggahan, masih-masing berisi tiga dan dua foto.

Dalam foto itu tampak Zulkieflimansyah mengenakan rompi cokelat Satgas COVID-19, tapi tanpa masker. Dalam foto-foto itu juga tak ada penerapan jaga jarak saat Zulkieflimansyah berpose dengan warga dan di momen kunjungan melihat kuda. Ada juga foto Zulkieflimansyah berbicara di hadapan warga tanpa masker. Katanya (*slm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker