BeritaDaerahPendidikan

Keadaan Gedung Sekolah SD SMPN SATAP 4 Gunungsari Desa Mekar Sari Pasca Banjir dan Longsor

Mataram, JaringPos | Kisah pilu dan tragis datang menghampiri tanpa kita sadari musibah itupun datang melanda dan menimpa gedung dan ruangan belajar SD SMPN SATAP 4 Gunungsari berlokasi di desa mekar sari kabupaten Lombok barat (Lobar), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Kejadian tragis itu terjadi Senin pagi (06/12/2021), tatkala hujan dari tengah malam tak henti-henti hingga pagi mengguyur Lombok Barat dan sekitarnya. Semua itu tidak ada yang tahu dan ini sebagai ujian dan cobaan untuk kita semua dan dibalik semua itu Tuhan YME mempunyai rencana yang indah dan berharga buat kita semua,” ucap warga sekitar.


Hujan yang mengguyur di beberapa kabupaten di NTB. Imbasnya cukup parah karena debit air curah hujan yang sangat besar tidak mampu ditampung oleh sungai sehingga air sungaipun meluap menggenangi pemukiman warga, adapun wilayah terdampak juga termasuk Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Salah satunya SD SMPN SATAP 4 GUNUGSARI Desa Mekar Sari Kab, Lobar Prov, NTB.

“Ruangan kelas yang terdampak banjir mengalami kerusakan sangat cukup parah akibat tergerus air hujan dan longsor sehingga membuat berapa ruangan kelas jebol temboknya, patah beberapa tiang penyanggah, mengakibatkan keretakan pada berapa ruang kelas yang cukup serius,” katanya.

IMG 20211208 211608-JaringPos

Berapa ruangan kelas jebol oleh tanah longsor sehingga banyak sekali bahan material berupa tanah, pasir, batu batuan dan batang pohon serta bambu masuk ruang kelas yang menutupi berapa ruang kelas juga halaman sekolah, untuk sementara aktivitas pembelajaran di tiadakan untuk beberapa hari kedepan.

“Personil team gabungan dari Polresta Mataram dan Polsek Gunungsari Kab. Lobar Prov. NTB serta jajarannya berjibaku dalam menyikapi pasca banjir dan longsor yg terjadi pada hari Senin, setidaknya ada beberapa warga yangg terdampak banjir termasuk salah satu gedung dan ruangan belajar di SD SMPN SATAP 4 Gunungsari,” kata Sri Suhasmi K, S.Pd

Mengalami kerusakan yang cukup parah akibat longsor dengan demikian aktivitas pembelajaran Tatap Muka tidak bisa optimal karena situasi dan kondisi ruangan yang digenangi oleh air serta lumpur sehingga perlu penanganan yang serius dari pemerintah Kabupaten Lombok Barat guna pemulihan dalam tahap perbaikan sesegera mungkin.

“Kami segenap keluarga besar SD SMPN SATAP 4 Gunungsari sangat berterima kasih banyak dan serta mengapresiasikan Aparat kepolisian/ Polresta Mataram berserta jajarannya yang cepat, sigap, tanggap dalam menyikapi bencana juga atas perhatian terhadap situasi dan keadaan gedung di sekolah kami ucap Kepala Sekolah SD SMPN SATAP 4 GUNUNGSARI,” ucap Bapak Lalu Hamdan, S. Pd. dalam Jumpa Pers dengan Jaringpos.com, Rabu (8/12/2021).

IMG 20211208 211540-JaringPos

Sebagai tindak lanjuti dari tragedi dan musibah yang tidak ada siapapun bisa menebak, menduga kejadian ini namun kita senantiasa bersyukur atas segala bentuk ujian serta cobaan yang terkadang kita tidak akan pernah tahu namun dibalik semua itu Tuhan YME mempunyai rencana yang indah buat kita semua.

“Semoga Ada Pelangi Setelah Hujan, sebagai bentuk kepedulian kami hanya bisa memakai peralatan seadanya dan Gotong Royong dalam membersihkan ruangan kelas, itulah simbul budaya masyarakat rakyat Indonesia sejak dahulu kala,” Imbuhnya.

Harapan kami tentunya dapat memberikan dukungan baik moril dan Materi sebagai acuan kami untuk pemulihan pada fase perbaikan ini. Salam Tangguh untuk Indonesia Tumbuh dan tetap semangat untuk Sang Pejuang Pendidikan, Bersama kita bisa dan bersatu kita kuat. (*HA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker