BeritaNasionalTeknologi

Jangan Kaget, Ini ‘Saudara Kembar’ Baru Avanza dan Harganya


Jakarta, JaringPos | Pabrikan Toyota di Indonesia, Grup Astra, bakal merilis Avanza model terbaru pada 10 November mendatang. Adapun Daihatsu yang merilis Daihatsu Xenia, ‘saudara kembar’ Avanza, juga telah memberikan pernyataan secara resmi bakal merilis mobil baru pada sehari setelahnya, 11 November mendatang.

“Daihatsu mengundang Sahabat Jurnalis untuk menyaksikan penayangan acara PELUNCURAN VIRTUAL PRODUK BARU dan PEMBUKAAN BOOTH DAIHATSU GIIAS 2021, yang akan diselenggarakan pada Kamis/11 November 2021, pukul 12.30 – 12.50 WIB,” tulis ADM dalam suratnya.


Mobil Daihatsu Xenia terbaru ini akan lahir dengan tampilan anyar. Sama seperti Avanza, generasi baru Xenia tersedia opsi transmisi manual dan CVT. Bahkan tercantum teknologi keselamatan terbaru ASA (Advanced Safety Assist), fitur ini terpasang pada harga tertinggi.

Kelahiran Xenia baru juga terkuak berdasarkan dokumen yang diperoleh dari lampiran pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 40 Tahun 2021 tentang perubahan NJKB. Xenia punya nilai NJKB Rp 144 juta-Rp170 juta, dan NJKB di kode baru Rp135 juta-Rp 172 juta.

Sedangkan NJKB kode Avanza tertulis Rp 157 juta-Rp 227 juta, ini naik dari model sekarang beredar Rp 151 juta – Rp 188 juta.

Baca Juga:

Daihatsu Xenia terbaru ini banyak mengalami perubahan, sehingga ada kenaikan harga. Pihak dealer menyebut ada kenaikan harga belasan juta.

“Estimasi kenaikan Rp 16 juta Xenia baru, itu dari masing-masing tipe,” kata seorang pramuniaga Daihatsu kepada CNBC Indonesia, dikutip Jaringpos.com, Minggu (4/11/21).

Artinya masing-masing mobil akan mengalami kenaikan cukup signifikan, khususnya jika tidak ada perpanjangan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) di tahun depan.

Sebagai contoh, Xenia 1.5 R Deluxe AT yang harga normalnya Rp 240,65 juta atau sebelum PPnBM, nantinya bisa menembus estimasi Rp 255,65 juta. Begitupun dengan jenis mobil lain seperti Xenia 1.3 R Deluxe MT dari 219,95 juta menjadi Rp 231 jutaan.

Apalagi, di awal peluncuran biasanya pabrikan mobil masih selektif dalam memberikan diskon mobil.”Biasanya masih kecil diskonnya, kalau kredit angsurannya pun masih tinggi,” katanya. (*slm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker